Status Sebaran Covid-19 di Kabupaten Kediri Turun, dari Zona Merah ke Oranye | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Status Sebaran Covid-19 di Kabupaten Kediri Turun, dari Zona Merah ke Oranye

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Selasa, 19 Januari 2021 10:22 WIB

Slamet Turmudi, Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kediri. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com – Setelah satu minggu berada di zona merah penyebaran Covid-19, status Kabupaten Kediri akhirnya turun ke zona oranye. Itu artinya, angka terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Kediri bisa dikendalikan.

Slamet Turmudi, Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kediri mengatakan, Pemkab Kediri akan terus berupaya agar status bisa turun lagi ke zona kuning.

“Kami juga pastikan tidak ada klaster baru di Kabupaten Kediri,” kata Slamet Turmudi saat dihubungi melalui aplikasi percakapan WhatsApp, Selasa (19/2021).

Menurut Slamet, penyebaran Covid-19 selama ini masih didominasi oleh klaster keluarga. Hal ini pula yang membuat upaya melakukan pemetaan sedikit terkendala. Klaster keluarga muncul disinyalir karena adanya warga yang masih membandel melakukan perjalanan dan berlibur ke luar kota.

Masih menurut Slamet, banyaknya warga yang melakukan cek kesehatan secara mandiri membuat gugus tugas kesulitan melakukan pemetaan. Kesadaran warga untuk melakukan pemeriksaan mandiri, diakui Slamet, merupakan kemajuan. Namun memastikan mereka yang terjangkiti telah melakukan isolasi secara benar butuh pengawasan pemerintah.

“Kesadaran masyarakat untuk memeriksakan kesehatan meningkat, tetapi isolasi mandiri belum tentu dilakukan dengan benar, karena beberapa hal harus dipatuhi ketika melakukan isolasi mandiri,” jelas Slamet.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video