​Antisipasi Banjir, Elemen Warga di Pamekasan Gelar Rembuk Bareng | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Antisipasi Banjir, Elemen Warga di Pamekasan Gelar Rembuk Bareng

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Yeyen
Selasa, 19 Januari 2021 21:09 WIB

Urun rembuk yang digelar di Pendopo Kecamatan Pamekasan, Senin (18/1/2021) malam. (foto: ist)

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Beberapa elemen masyarakat dan akademisi yang tergabung dalam forum Pengurangan Risiko Bencana atau FPRB Pamekasan menggelar urun rembuk guna mencari solusi bencana banjir yang tiap tahun menjadi langganan di Pamekasan.

Rapat yang digelar di Pendopo Kecamatan Pamekasan, Senin (18/1/2021) malam itu, juga dihadiri segenap pemangku kepentingan. Antara lain Kalaksa Amin Jabir, Camat Pamekasan Rahmat Kurnadi Saroso, Lurah Patemon, Lurah Bugih, Lurah Gladak Anyar, Sekjen FPRB Pamekasan Budi Cahyono, dan Alfin Zein dari Fasilitas Forum PRB Jawa Timur.

Rapat ini dilakukan, mengingat beberapa waktu lalu terjadi banjir akibat luapan air sungai yang membuat ratusan rumah terendam dan warga harus mengungsi. 

Dalam kesempatan ini, Amin Jabir menyebut bahwa pembahasan soal banjir merupakan tupoksi Dinas PUPR sebagai pemangku sungai di kawasan kabupaten. Menurutnya, solusi untuk menangani banjir adalah dengan melakukan normalisasi.

"Tidak ada cara lain selain adanya normalisasi sungai di kawasan Kali Semajit dan Kali Jombang. Selain itu, di kawasan hulu dibutuhkan reboisasi hutan agar fungsi penahan air optimal. Di samping penerapan teknologi informasi," ujarnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video