Selamatkan Mata Air, ARPLH Kediri Raya Tanam Pohon di Dua Sumber Air | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Selamatkan Mata Air, ARPLH Kediri Raya Tanam Pohon di Dua Sumber Air

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
Minggu, 24 Januari 2021 14:52 WIB

Heri Deka (topi putih) dan kawan-kawan saat mengangkat pohon trembesi untuk ditanam di lokasi sumber air. (foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Aliansi Relawan Peduli Lingkungan Hidup (ARPLH) Kediri Raya bersama Pemerintah Desa Tempurejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri melakukan rehabilitasi dan revitalisasi mata air di Sumber Banaran dan Sumber Pedhet dengan aksi di dua lokasi tersebut.

Aksi yang dimotori oleh Komunitas Oleng-Oleng Kediri tersebut menanam sedikitnya 1.500 pohon berbagai jenis yang dinilai cocok dengan lokasi sumber air. Bibit pohon yang berasal dari Komunitas Oleng-Oleng berjumlah 1.070, sedangkan dari Kelompok Tani Desa Tempurejo berjumlah 500. Bibit pohon itu ditanam di kedua sumber air dengan melibatkan puluhan relawan pecinta lingkungan hidup.

Karena aksi ini dilakukan di masa pandemi, maka para relawan dengan kesadaran tetap melaksanakan protokol kesehatan seperti memakai masker dan cuci tangan.

Heri Deka, Koordinator 1 Komunitas Oleng-Oleng Kediri menjelaskan bahwa di Kabupaten Kediri terdapat sekitar 370 sumber air. Tetapi, sekitar 150 sumber air sudah mati karena berbagai sebab, salah satunya adalah tidak ada pohon pelindung di sumber air tersebut dan terjadi sedimentasi tanah.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video