Kapal Penarik Tongkang Muat Minyak Kelapa Sawit Tabrakan di Perairan Gresik, 5 ABK Hilang | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kapal Penarik Tongkang Muat Minyak Kelapa Sawit Tabrakan di Perairan Gresik, 5 ABK Hilang

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Minggu, 24 Januari 2021 19:36 WIB

Para ABK yang berhasil diselamatkan usai dievakuasi. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Kapal TK Makmur Abadi-5 dan TB Mitra Jaya XIX yang menarik Tongkang (TK) Makmur Abadi-5, terlibat tabrakan di perairan Karang Jamuang, Gresik, sekitar Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS), Sabtu (23/1/2021) sekitar pukul 03.00 WIB.

Akibatnya, kapal tenggelam dan untuk sementara 5 Anak Buah Kapal (ABK) dilaporkan hilang. Sementara 5 ABK lainnya berhasil diselamatkan.

Kelima ABK selamat, 2 dari ABK Tongkang (TK) Makmur Abadi-5, yakni Agung Dwi P (20), dan Basuni (53). Sementara 3 ABK dari kapal TB Mitra Jaya XIX adalah Nahkoda Syarul (43), Masinis II Larusman (26), dan Masinis III La Ode Ahmad (20).

Adapun kelima ABK korban di TB Mitra Jaya XIX yang belum diketemukan adalah Fakhtur (48), Himawan (27), Arif Maulana (47), Ulil Amri (57), dan Budiantoro (50).

Gabungan petugas dari Polair Polda Jatim, Basarnas, dan KPLP Gresik masih melakukan pencarian lima anak buah kapal (ABK) TB Mitra Jaya XIX yang tenggelam di perairan Karang Jamuang, Gresik, sekitar alur pelayaran barat Surabaya (APBS).

Hingga Minggu (24/1/2021), petugas memfokuskan pencarian 5 ABK nahas itu di bangkai kapal. Diduga kelima ABK masih berada di dalam kapal saat kejadian.

Tabrakan kapal berawal saat kapal TB Mitra Jaya XIX yang dinahkodai Syahrul (43), asal Semarang menarik tongkang (TK) Makmur Abadi-5 berangkat dari Pelabuhan Sungai Puting, Kalimantan Selatan, Senin (11/1/2021) lalu sekitar pukul 11.00 WIB. Kapal tongkang itu mengangkut minyak kelapa sawit tujuan Gresik.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video