PA Kembali Demo Tolak Pembangunan Tangga Gunung Penanggungan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

PA Kembali Demo Tolak Pembangunan Tangga Gunung Penanggungan

Editor: Revol
Wartawan: Yudi Eko Purnomo
Kamis, 12 Februari 2015 20:45 WIB

ORASI – Aksi aktivis pecinta alam (PA) menolak rencana proyek jalan Gunung Penanggungan, di Pendopo Pemkab Mojokerto, Kamis (12/2). Foto: yudi/BangsaOnline.com

MOJOKERTO (BangsaOnline) - Belasan perwakilan pecinta alam (PA) menolak pembangunan jalan menuju di Desa Tamiajeng, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto. Aspirasi itu mereka sampaikan dalam unjuk rasa di Pendopo Pemkab Mojokerto, Kamis (12/2).

Saat aksi, mereka membentangkan sepanduk bertuliskan "save Pawitra". Usai menyampaikan orasi, perwakilan aksi bertemu dengan asisten Pemkab Mojokerto yang di dampingi Kepala SKPD terkait. Dalam pertemuan yang digelar di ruang Asisten itu, perwakilan Save Pawitra menyampaikan semua aspirasi para PA se-Jatim.

Para PA khawatir dengan dibangunnya anak tangga menuju puncak bayangan ini akan merusak keaslian gunung penanggungan. Selain itu bisa merusak jalur air yang sudah tersedia secara alami, terlebih lagi kawasan penanggungan sebagai kawasan cagar budaya sesuai dengan SK gubernur Nomor 188/18 KPTS/013/2015 tanggal 14 Januari 2015.

"Jika dibangun dengan jalan paving ke akses puncak merusak keaslian gunung penanggungan," kata Wirawan Prabowo, aktifis pecinta alam asal Surabaya saat.

Menurutnya, ada 372 situs di gunung penanggungan yang harus dijaga kelestariannya. Pembangunan akses jalan akan mempermudah orang-orang tak bertanggung jawab merusak dan memcuri situs sejarah.

Sementara menurut Harun, pecinta alam dari Mojokerto, proyek pembangunan akses menuju puncak justru melanggar UU No 11 Tahun 2010 Tentang Perlindungan Cagar Budaya.

" ini adalah gunung suci yang dianggap sakral oleh umat Hindu dan harus dijaga keasliannya," terangnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Kabupaten Mojokerto, Zainal Abidin, mengatakan, jika proyek tersebut masih dalam tahap wacana dan pengajian.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video