​Penerapan PPKM Mikro, Pemkab Tuban Bentuk Posko di Tingkat Desa | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Penerapan PPKM Mikro, Pemkab Tuban Bentuk Posko di Tingkat Desa

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Gunawan Wihandono
Rabu, 10 Februari 2021 19:59 WIB

SE Bupati Tuban Nomor 367/600/414.012/2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Pembentukan Posko Penanganan Covid-19 Tingkat Desa dan Kelurahan di Kabupaten Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Menindaklanjuti keputusan Gubernur Jawa Timur terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat () berbasis Mikro, Pemkab Tuban membentuk posko di tingkat desa.

Hal tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Bupati Tuban Nomor 367/600/414.012/2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Pembentukan Posko Penanganan Covid-19 Tingkat Desa dan Kelurahan di Kabupaten Tuban, Rabu (10/2/2021).

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Komariyati mengatakan, keberadaan posko pengamanan sebagai wahana pencegahan, penanganan, dan koordinasi stakeholder terkait penanganan Covid-19 di tingkat desa dan kelurahan.

"Penerapan Mikro lebih menekankan peranan stakeholder di tingkat desa untuk ikut terlibat penanganan Covid-19," jelasnya.

Endah juga menerangkan, penanganan Covid-19 di tiap desa akan berbeda sesuai dengan zonasi. Pada desa dengan zona merah akan dilakukan isolasi mandiri dan pengawasan ketat. Selain itu, juga diterapkan pembatasan aktivitas warga, salah satunya meniadakan kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan dan penularan Covid-19.

"Tindak lanjut penanganan menjadi tanggung jawab satgas, pemerintah desa, dan stakeholder terdekat," ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Tuban tersebut.

Pihaknya menambahkan, selama ini telah intens melakukan sosialisasi dan edukasi kepada satgas hingga di unit terkecil terkait perubahan regulasi terbaru. "Jika desa kuat, maka kecamatan akan kuat dan harapannya, Kabupaten Tuban juga akan kuat," pungkasnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video