Tafsir Al-Hijr: Iblis Itu Beriman Kepada Allah | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tafsir Al-Hijr: Iblis Itu Beriman Kepada Allah

Editor: Revol
Sabtu, 14 Februari 2015 00:26 WIB

Ilustrasi. (foto: sharefirman.blogspot.com)

BangsaOnline - Perang pengaruh antara Tuhan dan Iblis telah terjadi setelah Iblis dikutuk dan diberi umur panjang hingga akhir zaman. Di hadapan Tuhan, Iblis bersumpah akan menjerumuskan semua anak keturunan Adam ke lembah neraka tanpa kenal kasihan. Sumpah emosional itu sekaligus sebagai tantangan kepada Tuhan yang punya sifat pemaaf dan pemurah. Iblis menantang Tuhan berebut pengaruh: mana yang paling kuat mempengaruhi anak Adam, apakah Tuhan yang mengajak kebaikan atau Iblis yang mengajak keburukan.

Mendengar sumpah sekaligus tantangan Iblis, Tuhan tidak meladeni, tapi mengisyaratkan bahwa hal itu bisa saja terjadi, tapi sama sekali tidak akan mengena pada hamba-hamba-Ku yang ikhlas.

"illa ibadak minhum al-mukhlashin". Di sini, Tuhan benar-benar melindungi hamba-Nya yang dicintai.

Abu Sa'id al-Khudry meriwayatkan, bahwa Iblis menghadap Tuhan dan mengatakan: "Wahai Tuhanku, demi keluhuran dan keagungan-Mu, aku tidak akan pernah menyerah sedikitpun dalam upaya menjerumuskan anak Adam, selagi nyawa mereka masih melekat di tubuhnya.

Tuhan menjawab: Oh begitu. Demi keluhuran dan keagungan-Ku, Aku juga pastikan akan terus mengampuni mereka selagi mereka mau memohon ampunan kepada-Ku".

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video