​Dr Jalaluddin Rakhmat Wafat, dari Keluarga NU, Jadi Tokoh Muhammadiyah, Lalu Pemimpin Syiah

Editor: MMA
Senin, 15 Februari 2021 20:54 WIB

Dr Jalaluddin Rakhmat. Foto: bbc

BANDUNG, BANGSAONLINE.com – Cendekiawan muslim Prof. Dr. Jalaluddin Rakhmat wafat di Rumah Sakit Santosa Bandung, Senin (15/2/2021). Kang Jalal – panggilan akrab pakar komunikasi itu - wafat dalam usia 72 tahun. Sebelumnya, empat hari yang lalu, 11 Februari 2021, istrinya juga wafat.

Sebagai akademisi dan intelektual, Kang Jalal sangat produktif. Ia banyak menulis buku tentang ilmu komunikasi dan Islam. Salah satu buku popular karya Kang Jalal adalah Psikologi Komunikasi. Buku ini menjadi mata kuliah di semua fakultas komunikasi perguruan tinggi Indonesia. Karena itu buku yang ditulis pada 1965 sepulang dari Iowa University Amerika Serikat (AS) itu mengalami cetak ulang berkali-kali.

Kang Jalal juga banyak menulis tentang agama Islam, terutama di media massa. Kumpulan tulisannya, di antaranya dibukukan dalam “Islam Aktual, Refleksi Sosial Seorang Cendekiawan Muslim”.

Yang menarik, Kang Jalal lahir dari keluarga NU. Tapi saat kuliah di Fakultas Publisistik Unversitas Padjadjaran Bandung, ia mengikuti pengkaderan di . Ia pun menjadi aktivis dan pengurus Kota Bandung, di samping dosen di Unpad.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video