​"Kawal Covid-19" Apresiasi Tracing dan Testing Masif Pemkot Surabaya | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​"Kawal Covid-19" Apresiasi Tracing dan Testing Masif Pemkot Surabaya

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Yudi Arianto
Senin, 15 Februari 2021 21:09 WIB

Dokumentasi swab test oleh petugas medis kepada warga Surabaya. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Berbagai upaya dan strategi Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dalam mengatasi pandemi Covid-19, menuai banyak pujian dan apresiasi dari berbagai pihak. Salah satunya dari Kawal Covid-19 yang sangat mengapresiasi tentang tracing dan testing yang dilakukan oleh jajaran.

Koordinator Data Kawal Covid-19 Ronald Bessie mengatakan, selama ini penanganan yang dilakukan pemkot melalui kebijakan tracing dan testing itu berdampak cukup besar dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Kemudahan masyarakat untuk memperoleh tes swab di puskesmas itu adalah upaya pemerintah yang sangat baik," kata Ronald Bessie, Senin (15/2/2021).

Dia menjelaskan, dari tracing yang dilakukan secara masif itu membuat pasien yang terpapar segera mendapatkan treatment yang tepat. Dari situlah, maka laju angka kematian pun ikut menurun seiring meningkatnya kasus pasien Covid-19 yang sembuh.

Hal itu dilihatnya dari data yang ditampilkan oleh pemerintah provinsi (pemprov) maupun. Selain itu, dia memastikan bahwa masyarakat bersama-sama turun dan terlibat langsung dalam membantu pemerintah menyelesaikan persoalan tersebut.

"Jumlah tes yang meningkat itu yang akan membatasi wabah dan penularan. Dan dampaknya juga dapat menurunkan angka kematian," jelasnya.

Tidak hanya itu, Bessie menyebut bahwa kondisi Kota Pahlawan saat ini sudah jauh lebih baik dari hari ke hari. Namun begitu, dia meminta agar penanganan seperti saat ini secara konsisten dilakukan meskipun kondisinya sudah cukup baik.

Bahkan, dia juga meminta kepada daerah-daerah sekitar Surabaya juga ikut melaksanakan upaya yang sama. Menurutnya, kota-kota atau daerah sekitar Surabaya juga menjadi faktor pendukung yang cukup penting pada keberhasilan penanganan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video