​Bertemu Ketua DPD RI, Produsen Benih Kedelai Super di Jember Sampaikan Sejumlah Aspirasi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Bertemu Ketua DPD RI, Produsen Benih Kedelai Super di Jember Sampaikan Sejumlah Aspirasi

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Nanang Fachrurozi
Jumat, 19 Februari 2021 20:22 WIB

Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti melanjutkan masa resesnya dengan mengunjungi produsen benih kedelai super, PT Tarutama Nusantara (TTN) yang ada di wilayah Jember.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Ketua AA LaNyalla Mahmud Mattalitti melanjutkan masa resesnya dengan mengunjungi produsen benih super, PT Tarutama Nusantara (TTN) yang ada di wilayah Jember. Kunjungan ini sebagai dukungan LaNyalla atas keberadaan produsen benih super milik anak negeri guna terciptanya swasembada nasional.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut, Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur Bidang Pertanian Dr.H.Edi Purwanto, STP, MM, Direktur Operasional PT TTN, Dr. Iryono, S.P., M.P. Badan Sertifikasi Benih, Ghufron, Satgas V Badan Pengawasan dan Sertifikat benih (BPSB) Jawa Timur, Yayak, Kelompok tani Suka Tani, Gatot dan Gapoktan Suka Damai Desa Sukorejo, Kecamatan Bangsalsari Jember.

Direktur Produksi PT TTN Dr. Iryono, S.P., M.P. mengatakan bahwa rekayasa benih yang dilakukan PT Taruna Nusantara ini sebagai bentuk keprihatinan atas permasalahan nasional. Dari rekayasa benih yang dilakukan, maka produktivitas benih yang dihasilkan sangat tinggi, mencapai 3,2 ton per hektare. Sementara produktivitas lokal saat ini hanya mencapai 1,2 ton per hektare.

Ia menyampaikan bahwa pada Musim Tanam II/2020, demplot percontohan di Jember seluas 10 hektare telah panen pada bulan Juni 2020 dan hasil panen juga telah diujicobakan kepada pengrajin tempe dan tahu di Jember. Hasilnya, mereka mengaku senang karena sesuai dengan yang diharapkan. Bahkan, hasil tempenya lebih bagus dibanding menggunakan impor.

Selanjutnya, PT TTN juga akan memperluas area tanam benih kualitas unggul tersebut di demplot yang ada di Malang dan Bondowoso dengan total produksi sekitar 100 ton benih per tahun.

“PT. Tarutama Nusantara ingin menjadi bagian dari solusi permasalahan nasional. Kami memberikan beberapa contoh kepada Bapak Ketua agar benih ini bisa diketahui. Syukur-syukur bisa dilihat langsung oleh Pak Mentan, Pak Mendag, dan Pak Menkop UMKM. Karena ketiga kementerian itulah yang mengambil kebijakan. Agar super produksi anak negeri bisa dihargai dan dikembangkan di Indonesia sehingga mampu mengurangi ketergantungan impor ,” ujar Iryono, Jember, Jumat (19/2/2021).

Pada kesempatan tersebut, Iryono juga menyampaikan sejumlah aspirasi agar keinginan bangsa Indonesia untuk mencapai swasembada nasional bisa tercapai. Pertama, mendorong pemerintah bersama pihak terkait untuk dapat bersama-sama menciptakan tata kelola yang saling sinergi dan memberikan manfaat kepada para pelaku usaha nasional.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video