Menko Maritim Resmikan Dua Fasilitas TPST3R di Pasuruan Secara Virtual | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Menko Maritim Resmikan Dua Fasilitas TPST3R di Pasuruan Secara Virtual

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Diyah Khoirun Nisa
Jumat, 26 Februari 2021 16:14 WIB

Para pembicara dalam Webinar Kemitraan Menuju Indonesia Bebas Sampah sekaligus peresmian dua fasilitas TPST3R.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional () 2021, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan meresmikan dua fasilitas Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu Reduce-Reuse-Recycle () di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur secara virtual.

Kedua ini dibangun sebagai kerja sama Pemerintah Kabupaten Pasuruan dan Project STOP. Proyek ini berkolaborasi dengan Nestle sebagai mitra strategis Project STOP, baik sebagai mitra utama juga sebagai penyumbang dana dalam program tersebut.

Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf mengatakan, ini akan mengelola pengumpulan dan pemilahan sampah serta proses daur ulang sampah di Kecamatan Lekok dan Nguling, dengan kapasitas sampai 32 ton per hari. Kedua fasilitas ini akan mengumpulkan semua sampah termasuk 1.500 ton sampah plastik pada saat beroperasi penuh pada 2022.

"Saya berharap, adanya Project STOP ini dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat hingga mampu mendorong ekonomi masyarakat. Di Pasuruan, kami bekerja sama dengan masyarakat setempat, terkait sistem pengelolaan dan pengumpulan sampah," tandasnya saat Webinar Kemitraan Menuju Indonesia Bebas Sampah, Jumat (26/2).

Termasuk program edukasi masyarakat tentang pemilahan sampah dari rumah dan pembentukan badan usaha desa yang melayani lebih dari 42.000 warga.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video