Deni Prasetya Dukung Inventarisir Aset-Aset Wakaf NU | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Deni Prasetya Dukung Inventarisir Aset-Aset Wakaf NU

Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Didi Rosadi
Rabu, 03 Maret 2021 02:29 WIB

Deni Prasetya saat kegiatan reses di daerah Gumuk Mas, Jember. Reses itu diikuti pengurus NU Kencong beserta banom-banom NU. foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Semangat warga Nahdlatul Ulama (NU) untuk mewakafkan hartanya untuk kepentingan masyarakat yang lebih luas masih sangat tinggi. Mereka rela menyerahkan hartanya, baik uang, tanah, maupun bangunan untuk kemudian dikelola oleh pengurus NU untuk kegiatan ibadah dan umat.

Namun, aset-aset wakaf yang dikelola NU seringkali berpindah tangan kepada pihak di luar NU. Kondisi itu terjadi karena masih lemahnya inventarisasi aset yang dikuatkan dengan dokumen negara.

"Lemahnya inventarisir aset-aset wakaf yang didukung secara legal formal membuat aset-aset itu bwrpotensi berpindah tangan. Karena itu saya mendukung upaya inverisasi aset dengan didukung dokumen negara yang sah," tutur Deni Prasetya, Anggota DPRD Jatim saat reses di Kecamatan Gumuk Mas, Jember, Senin (1/3/2021) malam.

Deni mengungkapkan, selama ini proses wakaf seringkali hanya dilakukan secara spontan dan hanya disaksikan orang-orang tertentu tanpa dicatatkan di notaris. Sehingga ketika ada gugatan ke jalur hukum, legitimasinya lemah dan berpotensi berpindah tangan.

Karena itu, legislator dari daerah pemilihan V ini mengapresiasi pihak pengurus PCNU Kencong yang mulai melakukan pencatatan aset-aset wakaf NU. Apalagi dengan menggandeng pihak Bank Muamalat. Dengan begitu aset yang dimiliki bisa berkembang dan bermanfaat bagi organisasi maupun masyarakat.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video