Dukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia, Wali Kota Kediri Siap Bersinergi dengan BI

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
Rabu, 03 Maret 2021 15:29 WIB

Dari kiri: Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar bersama Kepala KPwBI Kediri Sofwan Kurnia dan Ketua Kadin Kota Kediri M. Solikhin, saat meninjau stan-stan produk unggulan UMKM yang dipamerkan. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar bersama Kepala KPwBI Kediri Sofwan Kurnia dan Ketua Kadin Kota Kediri M. Solikhin mengikuti secara daring Pembukaan Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 Seri 1 dengan "Eksotisme Lombok" di Gedung KPwBI Kediri, Rabu (3/3/2021).

Acara tersebut merupakan bentuk dukungan terhadap Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja yang digelar mulai tanggal 3-31 Maret 2021.

Pembukaan Pameran KKI 2021 Seri 1 dilaksanakan di Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Kegiatan itu dikemas secara hybrid dengan menggabungkan fisik dan virtual. Tentunya tetap memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mendukung penuh KKI Seri 1 2020 serta mendukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia dan Gerakan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja. “Gerakan ini suntikan energi bagi kita semua. Khususnya teman-teman UMKM untuk bangkit meski pandemi masih melanda,” ujar Wali Kota Kediri, Rabu (3/3/2021).

Lebih lanjut, Wali Kota Kediri mengungkapkan bahwa Pemerintah Kota Kediri siap bersinergi dengan KPwBI Kediri untuk terus memajukan UMKM. “Kami akan selalu bersinergi dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri untuk terus mengembangkan UMKM dan menggelorakan program Go Digital dan Go Ekspor,” ungkapnya.

Selain di NTB, display fisik produk unggulan UMKM binaan Bank Indonesia dan binaan pemerintah daerah juga ditampilkan 46 Kantor Perwakilan BI di daerah. Di KPwBI Kediri, ditampilkan produk UMKM unggulan yang ada di wilayah kerja KPwBI Kediri, mulai dari kerajinan, kain, dan makanan. Seluruh UMKM telah menjadi merchant QR Code Indonesian Standard (QRIS). Pengunjung display fisik merupakan tamu undangan yang menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Sementara secara virtual, pameran bisa diakses di karyakreatifindonesia.co.id.

Wali Kota Kediri bersama Kepala KPwBI Kediri Sofwan Kurnia dan Ketua Kadin Kota Kediri M. Solikhin juga meninjau stan-stan produk unggulan UMKM yang dipamerkan. Wali Kota Kediri juga melakukan transaksi pembelian produk UMKM menggunakan QRIS. (uji/zar)