Wali Kota Eri: Jadi Garda Terdepan Pemkot, Camat dan Lurah Harus Selalu Solutif

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Arianto
Rabu, 03 Maret 2021 23:32 WIB

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat memberikan pengarahan di Graha Sawunggaling, Komplek Gedung Pemkot Surabaya, Rabu (3/3/21). foto: ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Setelah sebelumnya memberikan pengarahan kepada Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, kini giliran Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Wakil Wali Kota Surabaya Armuji memberikan pengarahan kepada para camat dan lurah se-Kota Surabaya.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Eri berharap para lurah itu menjadi garda terdepan Pemkot Surabaya. Sebab, ia memastikan ke depannya beberapa layanan akan diletakkan di kantor kelurahan, termasuk pelayanan dispendukcapil.

“Nah, jika lurah menjadi garda terdepan, maka lurah juga harus punya kemampuan yang sama dengan camat dan kepala OPD,” kata Mas Eri, sapaan Eri Cahyadi saat memberikan pengarahan di Graha Sawunggaling, Komplek Gedung Pemkot Surabaya, Rabu (3/3/21).

Oleh karena itu, ia meminta para lurah itu tidak hanya duduk di belakang meja saja. Apalagi, lurah itu penguasa wilayah yang harus tahu betul apa yang terjadi di wilayahnya masing-masing. Bahkan, ia juga meminta para lurah itu harus tahu biasanya genangan ada di mana saja, ibu-ibu yang hamil di mana saja, dan posisi lansia di mana saja.

“Jadi, harus dekat dengan warga. Kalau warga lagi kesusahan terus kita datang membantu, warga pasti hatinya adem. Nah, itu yang harus kita terapkan ke depannya,” ujarnya.

Selain itu, ia juga meminta kepada para lurah itu untuk selalu menjadi pemimpin yang solutif, sehingga ketika ada warga yang mengeluhkan masalahnya, harus bisa memberikan solusi yang solutif.

“Seorang pemimpin itu harus hadir dengan penuh solutif. Jenengan (Anda) harus hadir untuk menyejahterakan warga Kota Surabaya, bukan membebani warga,” tegasnya.

Eri berharap ke depannya harus bisa gotong-royong dan berkolaborasi antara satu dengan yang lainnya. Tujuannya hanya satu, yaitu untuk menyejahterakan warga Kota Surabaya. “Mari kita bersama-sama membangun Kota Surabaya,” ajaknya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Surabaya Armuji juga memberikan pengarahannya kala itu. Di awal sambutannya, ia meminta kepada para camat dan lurah itu untuk memperhatikan semua pengarahan yang telah disampaikan oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. “Tolong pengarahan Pak wali kota diperhatikan dengan baik,” tegas Wawali Armuji.

Ia juga memastikan bahwa dia bersama Wali Kota Eri Cahyadi merupakan satu paket yang tidak terpisahkan. Apalagi, moto dan komitmen dia bersama Wali Kota Eri Cahyadi meneruskan kebaikan, sehingga ke depannya dia berharap kolaborasi dan kerja sama semua pihak harus terus dilakukan. “Jadi, ayo kita terus bekerja sama dan berkolaborasi ke depannya,” katanya.

Di samping itu, ia juga mengajak kepada para camat dan lurah serta jajaran Pemkot Surabaya yang merupakan penyintas Covid-19, untuk mendonorkan plasma konvalesennya. Sebab, ini sangat bermanfaat bagi para pasien Covid-19 yang saat ini masih dirawat di rumah sakit. “Ini demi kemanusiaan. Mari kita berikan contoh kepada masyarakat untuk mendonorkan plasma konvalesennya,” pungkasnya. (ian/rev)