PDAM Giri Tirta akan Perbaiki Pipa-pipa Berusia di atas 30 Tahun Secara Bertahap

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
Kamis, 04 Maret 2021 10:20 WIB

Dirut PDAM Giri Tirta Gresik Siti Aminatus Zahriyah (kanan) saat menunggu pemasangan pipa. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - BUMD Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Giri Tirta Kabupaten Gresik terus melalukan perbaikan infrastruktur pipa yang usianya di atas 30 tahun. Sebab, pipa yang kebanyakan berada di wilayah perkotaan Gresik ini banyak yang sudah keropos, sehingga menyebabkan kebocoran.

"Dampaknya, distribusi air ke pelanggan terganggu. Makanya, secara bertahap pipa-pipa yang sudah tidak layak terus kami perbaiki secara bertahap," ujar Dirut PDAM Giri Tirta Gresik, Siti Aminatus Zariyah kepada BANGSAONLINE.com, Kamis (4/3/2021).

Riza, begitu sapaan akrabnya, mengungkapkan bahwa pipa PDAM yang usianya di atas 30 tahun di antaranya berada di sepanjang Jalan Panglima Sudirman, Gresik, dan Jalan KH Wachid Hasyim. Untuk yang di Jalan Panglima Sudirman, tepatnya ada di depan Cabang Bank BRI.

"Pipa PDAM di sini keropos sehingga bocornya parah. Ketika kita bongkar, ada lubang besar, dimasuki orang 4-5 muat. Lubang itu penuh air akibat pipa bocor. Sehingga, sangat mengganggu distribusi kepada pelanggan," ungkapnya.

Dikatakan Riza, pipa-pipa keropos itu akan dilakukan perbaikan secara bertahap. "Terus kami perbaiki secara bertahap. Semua demi layanan pelanggan," terangnya.

Riza lebih jauh menyatakan, saat ini PDAM Giri Tirta telah melakukan kerja sama dengan PT. Air Bersih (AB) untuk pemanfaatan air Umbulan dari Pasuruan sebanyak 1.000 liter per detik. Selain itu, PDAM juga tengah menunggu proyek pipanisasi dari Bendung Gerak Sembayat (BGS) Kecamatan Bungah rampung. Semua itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat.

Untuk air dari Umbulan yang mencapai 1.000 liter per detik, akan didistribusikan kepada pelanggan secara bertahap, menyesuaikan kondisi infrastruktur pipa PDAM yang ada saat ini. Pada tahap awal pengoperasiannya, PT. AB, perusahaan milik Pemerintah Provinsi Jatim itu mampu menyuplai air bersih kepada PDAM Giri Tirta sebesar 300 liter per detik. Sehingga, masih ada cadangan air 700 liter per detik.

"Dari air Umbulan saat ini untuk melayani 30 ribu pelanggan PDAM Giri Tirta Gresk," pungkasnya. (hud/rev)