JMTC, Command Center Lalu Lintas Jalan Tol Berbasis Intelligent Transportation System Terlengkap | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

JMTC, Command Center Lalu Lintas Jalan Tol Berbasis Intelligent Transportation System Terlengkap

Editor: Tim
Wartawan: Nanang Fachrurozi
Jumat, 05 Maret 2021 13:35 WIB

Jasa Marga Tollroad Command Center (JMTC) menjadi Command Center lalu lintas jalan tol berbasis Intelligent Transportation System (ITS) pertama dan terlengkap di Indonesia.

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengenalkan Command Center (Pusat Kendali) lalu lintas berbasis Intelligent Transportation System (ITS) pertama dan terlengkap di Indonesia yang dikenal dengan nama Jasa Marga Tollroad Command Center (JMTC).

JMTC merupakan inovasi berbasis teknologi yang hadir untuk menjawab kebutuhan Jasa Marga dan juga pengguna dalam pengelolaan pelayanan yang terintegrasi sekaligus menjadi sumber dari pusat informasi lalu lintas, sehingga dapat digunakan untuk pengambilan keputusan rekayasa lalu lintas yang juga melibatkan stakeholder terkait.

Operation and Maintenance Management Group Head Jasa Marga Atika Dara Prahita, menjelaskan keunggulan JMTC adalah terletak pada sistem Intelligent Transportation System (ITS) yang mengintegrasikan seluruh peralatan informasi dan komunikasi di Jalan Tol Jasa Marga Group. Hal ini membuat Jasa Marga menjadi operator dengan sistem pengolah data lalu lintas terlengkap dan terpadu di Indonesia.

"Dengan penerapan ITS ini, JMTC dilengkapi Advanced Traffic Management System (ATMS) yang mampu menganalisa kondisi kepadatan di melalui kecepatan rata-rata kendaraan pada segmen , serta menghitung data volume kendaraan sesuai dengan kapasitas . Apabila kecepatan kendaraan mendekati kecepatan minimum dan volume kendaraan mendekati kapasitas maksimal suatu ruas , maka sistem ini memberikan peringatan dini kepada petugas untuk dapat melakukan pengaturan lalu lintas," ujar Atika.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video