19 Orang Alami Gejala Covid-19 Usai Vaksinasi, Ternyata 13 Orang Positif, Ini Penjelasan Dinkes | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

19 Orang Alami Gejala Covid-19 Usai Vaksinasi, Ternyata 13 Orang Positif, Ini Penjelasan Dinkes

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Akina Nur Alana
Minggu, 07 Maret 2021 15:51 WIB

Didik Jumianto, Kabid Pencegahan Penyakit Menular Dinkes Kota Blitar.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 19 orang pegawai Dinas Penanaman Modal Tenaga Kerja dan PTSP Kota mengalami gejala mengarah ke Covid-19. Gejala demam, lemas, hingga hilang penciuman dan perasa dialami tiga hari usai mereka di.

Meluruskan hal ini, dinas kesehatan menyebut bahwa gejala yang dialami 19 pegawai ini bukan merupakan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). "Kami luruskan bahwa itu bukan sebagai kasus KIPI," ujar Didik Jumianto, Kabid Pencegahan Penyakit Menular Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota , Minggu (7/3/2021).

Dia menjelaskan, dari 19 orang semuanya telah melakukan swab PCR maupun swab antigen. Hasilnya 13 orang dinyatakan positif Covid-19. "Daftar yang diajukan swab PCR ada 19 orang, tapi yang dilakukan swab PCR hanya 18 orang. Karena yang satu tidak hadir, tapi hasil swab antigen juga positif. Jadi ini murni Covid-19, bukan KIPI," jelasnya.

Dia menambahkan, Covid-19 bisa terjadi pada seseorang yang telah divaksin. Karena sebelum divaksin sebenarnya di dalam tubuh sudah ada virus Corona, namun tanpa gejala. "Sehingga ketika pasca divaksin terjadi reaksi di dalam pembentukan antibodi, maka bisa timbul gejala," tegasnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video