Dukung Syaichona Kholil dapat Gelar Pahlawan, Gubernur Khofifah sebut Mahaguru Nusantara | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Dukung Syaichona Kholil dapat Gelar Pahlawan, Gubernur Khofifah sebut Mahaguru Nusantara

Editor: MMA
Rabu, 10 Maret 2021 15:33 WIB

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa mendukung sepenuhnya Syaichona Muhammad Kholil Bin Abdul Latif diusulkan sebagai pahlawan nasional. Sebab Syaichona Kholil - sapaannya - merupakan tokoh ulama Bangkalan, sekaligus guru dari para banyak ulama besar, yang mencetuskan berdirinya organisasi Islam Nadhatul Ulama (NU). Gubernur bahkan menyebut Syaichona Kholil sebagai maha guru nusantara.

" merupakan referensi lahirnya NU, jaringan terbesar Islam di dunia yang melahirkan sifat-sifat toleransi dan moderenisasi yang dibentuk melalui organisasi sosial keagamaan NU. Lahirnya NU merupakan restu beliau," ujar Gubernur dalam Seminar dan Webinar Nasional dalam rangka Pengusulan Gelar Pahlawan Nasional kepada Syaichona Muhammad Kholil Bin Abdul Latif di Kantor DPD Golkar Jatim, Selasa (9/3).

Gubernur perempuan pertama di Jatim itu juga menyampaikan, sosok Syaichona Kholil yang melihat kekuatan NU akan menjadi referensi dan kekuatan besar di tengah masyarakat. Menurut dia, NU memiliki basis komunitas tradisional yang memiliki banyak format konvensional, namun menjadi pagar kesatuan negara.

Mantan Menteri Sosial RI ini juga meminta kepada Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin untuk sesegera mungkin melengkapi dokumen, yang menjadi proses otentifikasi pengajuan gelar Pahlawan Nasional kepada Syaichona Kholil, yang sering dikenal memiliki sebutan sebagai ''.

"Mengkoleksi dan mengumpulkan sumber-sumber guna mempercepat proses pengajuan pengusulan nasional merupakan salah satu bentuk ikhtiar, yang juga merupakan inisiasi dari keluarga besar partai Golkar yang sore ini melakukan webinar. Kelengkapan menjadi penting dan mengkomunikasikan kepada TP2GD (Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Tingkat Daerah), yang akan diteruskan ke TP2GP (Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Tingkat Pusat)," jelas .

Untuk mempercepat progres pengajuan nasional bagi Syaichona Kholil, proses pengajuan yang dilakukan oleh Pemkab Bangkalan sebagai tempat asal ulama besar kharismatik tersebut, sudah dilakukan pada Februari lalu. Saat memasuki proses pengajuan ke tingkat Pusat , proses pengurusannya akan melalui beberapa lapis tahapan. Diantaranya diskusi di tingkat lokal, dilanjutkan diskusi di tingkat provinsi, dan terakhir juga dilakukan diskusi di tingkat pusat.

"Tokoh NU jarang sekali yang mencatat jasa-jasa perjuangan dan pengorbanan yang kemudian diusulkan mendapat gelar, hanya sedikit sekali. Muridnya Syachona Kholil antara lain adalah Kiai Hasyim Asy’ari, Kiai Abdul Wahab Hasbullah, dan Kiai As’ad Syamsul Arifin semua sudah mendapatkan masional, karena proses sudah diusulkan," lanjut .

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video