​Tongseng Depot Kurnia Jombang, Sehat Tanpa Santan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Tongseng Depot Kurnia Jombang, Sehat Tanpa Santan

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Aan Amrulloh
Senin, 15 Maret 2021 17:13 WIB

Tongseng Depot Kurnia. (foto: AAN AMRULLOH/ BANGSAONLINE)

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Selama ini sebagian masyarakat menganggap masakan tongseng daging ataupun kambing kurang sehat lantaran banyak kolesterol. Namun, berbeda dengan Depot Kurnia yang berada di Desa Candimulyo, Kecamatan/Kabupaten . Di depot ini, dengan menu andalannya memang menawarkan sajian tongseng baik kambing maupun sapi, dengan rempah khas dan tanpa santan, sehingga tetap enak, gurih, juga lebih sehat. Daging ini, diolah menjadi dua menu utama, yakni tongseng juga sate.

"Menu utama dan jagoan kita di sini tongseng memang ya, kalau sate sebenarnya pelengkap saja," ujar pemilik depot, Kurniawati Saidah, Senin (15/3/2021).

Tongseng yang disajikan di sini bukan menu biasa, daging yang diolah menjadi tongseng benar-benar dimasak hingga empuk sebelum digoreng menjadi satu dengan kubis. Dua bahan utama ini, dicampur juga dengan irisan tomat yang menambah segar masakan.

Olahan tersebut, kemudian disiram dengan kuah tongseng yang telah dibuat istimewa dengan bumbu khusus. Wanita 44 tahun itu menjelaskan, jika kuah tongseng buatannya ini memang spesial karena tak dibuat dengan santan seperti kebanyakan tongseng di .

"Jadi kita mengandalkan lebih banyak rempah-rempah dalam kuahnya, juga lebih sehat bagi yang khawatir kolesterol, dan karena pakai rempah, otomatis bisa menambah imun juga," terangnya.

Diceritakan, racikan bumbu ini didapatnya dari sejumlah riset yang dilakukannya sendiri. Berbekal hobi sering berburu kuliner di wilayah Jawa Tengah, dia kemudian meramunya menjadi masakan khas yang kemudian dia jual selama sebulan ini.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video