​Api Sambar Pertalite di Jeriken, Dapur Warga Sambiroto Ngawi Terbakar

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Zainal Abidin
Selasa, 16 Maret 2021 20:28 WIB

Dapur rumah milik Miran Warga Desa Sambiroto, Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi, hangus terbakar, Selasa (16/3/2021).

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Akibat ceroboh menaruh jeriken berisi BBM pertalite di dekat kompor, dapur rumah milik Miran Warga Desa Sambiroto, Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi, hangus terbakar, Selasa (16/3/2021).

Kapolsek Padas AKP Juwahir menjelaskan bahwa kejadian tersebut berlangsung pada pukul 08.00 WIB. Bermula ketika Suwarni (45), istri Miran seperti hari biasanya melakukan aktivitas masak di dapur rumahnya. Saat Suwarni menyalakan kompor, mendadak api menyambar jeriken berisi BBM pertalite yang tidak jauh dari kompor. Melihat kejadian tersebut, Suwarni langsung berteriak minta tolong dan Miran datang untuk mengamankan jeriken yang terbakar keluar rumah.

"Pemilik rumah mencoba mengamankan jeriken yang terbakar dengan menutup kain basah dan membuang ke belakang rumah," terangnya.

Meski jeriken sudah dibuang oleh pemilik rumah, ternyata api sudah lebih dahulu membakar sebagian bangunan dapur yang terbuat dari kayu.

Mengetahui ada kebakaran, warga sekitar pun datang untuk membantu memadamkan api dengan alat seadanya. Mendapat laporan, petugas pemadam kebakaran dan pihak kepolisian langsung datang ke lokasi. Setelah dilakukan upaya penyemprotan air, api baru dapat dikuasai satu jam kemudian.

Dari kejadian ini api tidak sempat merembet ke bagian bangunan rumah utama. "Yang terbakar hanya dapur dan tidak sampai ke bangunan utama, untuk kerugian materiel ditaksir sekitar Rp10 juta," pungkas Kapolsek Padas AKP Juwahir. (nal/sof/zar)