Ikuti Audisi, 20 Pelajar Sidoarjo Bersaing Jadi Duta Toleransi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Ikuti Audisi, 20 Pelajar Sidoarjo Bersaing Jadi Duta Toleransi

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Musta'in
Kamis, 25 Maret 2021 22:38 WIB

PRESENTASI: Salah satu finalis Duta Toleransi tingkat SMP saat mengikuti audisi, di Kantor Disporapar Sidoarjo, Kamis (25/3). foto: MUSTA'IN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 20 siswa SMP dan SMA di Kabupaten Sidoarjo mengikuti Audisi Duta Toleransi, di Aula Kantor Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Sidoarjo, Kamis (25/3/2021). Dalam tersebut, para finalis Duta Toleransi ini diminta memaparkan konsep kampanye toleransi saat mereka menjadi Duta Toleransi.

Pemilihan Duta Toleransi ini bagian Program “Cinta Budaya Cinta Tanah Air” yang digelar komunitas seni budaya BrangWetan. Program Cinta Budaya Cinta Tanah Air berlangsung selama setahun, Juli 2020 - Juni 2021. Pemilihan Duta Toleransi digelar terbatas di 10 sekolah di 5 kecamatan di Sidoarjo, yang didampingi BrangWetan.

Audisi para finalis Duta Toleransi ini digelar dalam dua sesi. Sesi pertama, diikuti 10 finalis Duta Toleransi tingkat SMP. Dan sesi kedua, diikuti 10 finalis Duta Toleransi tingkat SMA. Sepuluh finalis Duta Toleransi tingkat SMP berasal SMPN 1 Gedangan, SMPN 1 Sedati, SMPN 1 Waru, SMPN 1 Taman dan SMPN Sukodono.

Sedangkan 10 finalis Duta Toleransi tingkat SMA berasal dari MA Bahaudin Taman, MA Darul Ulum Waru, MA Nurul Huda Sedati, SMA Jati Agung Taman dan SMAN 1 Gedangan. “Peserta yang lolos menjadi Duta Toleransi Kabupaten Sidoarjo,” cetus Manager Program Cinta Budaya Cinta Tanah Air, BrangWetan, M Masrullah.

Masrullah menjelaskan, masing-masing tingkat dipilih 4 Duta Toleransi. Mereka akan menerima Piala Bupati Sidoarjo, Piala Ketua DPRD Sidoarjo, Piala Kepala Dikbud, dan Piala Kepala Disporapar. “Piala diserahkan bersamaan dengan pengumuman nama-nama Duta Toleransi yang digelar menyusul,” bebernya.

Dijelaskan Masrullah, para Duta Toleransi yang terpilih itu nantinya bakal menjadi juru bicara di tingkat Kabupaten untuk mengampanyekan pentingnya toleransi di tengah masyarakat. Hal itu menyusul menurunnya budaya dan perilaku toleran, termasuk di kalangan milenial pada saat ini.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video