​Gulat dan Atletik Jadi Tumpuan KONI Tuban Mendulang Poin di Porprov Jatim 2022

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Gunawan Wihandono
Minggu, 28 Maret 2021 22:08 WIB

Sekretaris KONI Tuban, Zaenal Maftuhien.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Cabang Olahraga (Cabor) Gulat dan Atletik masih menjadi andalan KONI Tuban dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Jatim tahun 2022 mendatang.

Dua cabor tersebut diharapkan mampu menyumbangkan banyak poin dalam event dua tahunan yang akan berlangsung di Situbondo, Bondowoso, dan Lumajang.

Sekretaris KONI Tuban, Zaenal Maftuhien mengatakan, hasil evaluasi dari kejuaraan porprov sebelumnya, dan event-event yang diikuti atlet Tuban selama ini, cabor gulat dan atletik masih difavoritkan menyumbang poin. Di samping beberapa nomor perorangan dari cabor paralayang, sepatu roda, dan angkat besi yang diharapkan mampu menyumbangkan poin lebih.

"Untuk Tuban, penyumbang poin terbesar dalam kejuaraan porprov masih didominasi dari cabor gulat," ujar Zaenal Maftuhien, Minggu (28/3/2021).

Lebih lanjut, Kabid Olahraga Disparbudpora Tuban ini menambahkan, pada ajang Porprov nanti KONI Tuban memasang target masuk dalam 10 besar. Dengan catatan, perolehan medali atau poin yang didapat harus melebihi dari ajang porprov sebelumnya.

Jika raihannya sama dari sebelumnya, target itu mustahil dicapai, karena terdapat tambahan cabor yang dipertandingkan, sehingga medali atau yang diperebutkan semakin banyak.

"Tantangannya nanti lebih besar, karena cabornya lebih banyak, sehingga perolehan poin dan medalinya harus ditambah," ujarnya.

Untuk diketahui, dalam gelaran Porprov 2019 yang berlangsung di Tuban, Gresik, Lamongan, dan Bojonegoro, kontingen Tuban mengantongi total 55 medali, dengan 10 emas, 14 perak, dan 31 medali perunggu.

Capaian itu menghantarkan Tuban di posisi 11 tangga klasemen akhir perolehan medali Porprov dengan mengumpulkan sebanyak 99 poin. (gun/ian)