Petrokimia Gresik Dukung Program Sentra Vaksinasi Bersama BUMN untuk Wilayah Jawa Timur | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Petrokimia Gresik Dukung Program Sentra Vaksinasi Bersama BUMN untuk Wilayah Jawa Timur

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Senin, 29 Maret 2021 12:28 WIB

Dirut Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo berfoto bersama dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Menteri BUMN Erick Thohir serta Satgas Covid-19. (foto: ist)

GRESIK, BANGSAONLINE.com, Perusahaan Solusi Agroindustri Anggota Holding Pupuk Indonesia sekaligus Koordinator Satgas Tanggap Covid-19 BUMN Jawa Timur (Jatim) mendukung penuh program "Sentra Vaksinasi Bersama (SVB) BUMN untuk Wilayah Jawa Timur" yang dibuka langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir, di Kompleks Grand City Mall Surabaya, Minggu (28/3/2021) kemarin.

Dengan dibukanya SVB Jatim, total sudah ada 4 titik SVB BUMN di Indonesia. Pertama, diselenggarakan di Istora Senayan, Jakarta. Disusul di Tennis Indoor Jakarta, dan juga di Semarang.

Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan bahwa program SVB BUMN adalah dukungan untuk mempercepat vaksinasi di kota besar yang penduduknya juga besar. Program ini didukung oleh Kementerian Kesehatan, pemerintah provinsi dan pemerintah kota, serta perusahaan BUMN yang ada di wilayah setempat.

Dia mendorong agar semua perusahaan BUMN menjadi pionir untuk melakukan vaksinasi kepada lansia di lingkungan BUMN dan juga masyarakat. Hal ini akan memacu sektor-sektor industri lain, baik swasta dan milik pemerintah dalam meningkatkan kepedulian akan kesehatan lansia di lingkungannya, serta untuk menumbuhkan produktivitas demi perbaikan pertumbuhan ekonomi di masa pandemi.

"Kami menargetkan Sentra Vaksinasi Bersama di Surabaya ini bisa melakukan vaksinasi 5.000 orang dalam sehari. Tapi kalau bisa lebih ya Alhamdulillah," ujarnya.

Staf Khusus III Menteri BUMN sekaligus Ketua Satgas SVB BUMN Arya Sinulingga menambahkan bahwa saat ini vaksinasi untuk lansia masih terbilang sedikit, karena itu Kementerian BUMN menyiapkan SVB agar mereka mendapatkan tempat yang nyaman untuk vaksinasi. Demikian juga untuk pelayan publik bagi karyawan di BUMN.

"Ini merupakan tempat keempat. Berikutnya akan kami bangun di Banyumas dan Bandung. Dengan demikian akan semakin banyak lansia di Pulau Jawa yang mengikuti vaksinasi," ujar Arya.

Dia menyampaikan, vaksinasi merupakan quick wins untuk menyelamatkan Indonesia dari wabah Covid-19, di samping masyarakat harus menerapkan protokol kesehatan, karena memang obat dari Covid-19 belum ditemukan.

Sementara itu, Direktur Utama Dwi Satriyo Annurogo menjelaskan bahwa SVB Jatim ini dibuka bagi lansia dan pelayan publik karyawan BUMN di Jatim. Di mana berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS), Jatim memiliki jumlah lansia terbesar ketiga di Indonesia. Di awal tahun 2021, terdapat sekitar 4,3 juta warga berusia 60 tahun ke atas di Jatim. Kota Surabaya sendiri menyumbang sekitar 265 ribu lansia.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video