Perda Pemdes Belum Selesai Dibahas, Muncul Perbup | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Perda Pemdes Belum Selesai Dibahas, Muncul Perbup

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Bambang Dwi Julianto
Kamis, 01 April 2021 17:16 WIB

Ketua Komisi I DPRD Nganjuk, Marsudi diwawancarai wartawan usai memimpin rapat pansus bersama OPD. foto: RAFLI FAJRI JULIANTO/ BANGSAONLINE

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Terbitnya Peraturan Bupati (Perbup) Nganjuk No. 11 tahun 2021 menjadi perbincangan di DPRD Nganjuk. Pasalnya, Peraturan Daerah (Perda) No. 1 tahun 2016 tentang Pemerintah Desa yang menjadi dasar dari dibentuknya perbup tersebut saat ini sedang dibahas oleh dewan.

"Seharusnya dalam etika hukum dalam pembuatan perbup, mengacu pada perda yang ada. Ini aneh, perda sendiri belum disahkan, tapi perbup sendiri sudah dibuat untuk dilaksanakan," kata Ketua Komisi I DPRD Nganjuk Marsudi, kepada BANGSAONLINE.com, Jumat (01/04).

Ia mengungkapkan, perbup itu diterbitkan pada tanggal 25 Maret 2021, di saat perdanya sendiri masih dalam pembahasan. "Konsideran SK pengangkatan dasarnya apa jika pasal, ayat, dan alinea berbeda," tegasnya dengan nada bertanya.

"Bagaimana penulisan mengigat dan menimbangnya, karena dasarnya dari mana? Sedangkan perda ini masih dalam pembahasan di DPRD. Ingat, perda inisiatif DPRD ini sedang dibahas, tahu-tahu perbup sudah dimunculkan. Etika hukumnya seperti apa," tandasnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video