​Dongkrak Suara Nasional, PPP Bisa Maksimalkan Suara Nahdliyin di Jatim | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Dongkrak Suara Nasional, PPP Bisa Maksimalkan Suara Nahdliyin di Jatim

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
Minggu, 04 April 2021 22:17 WIB

Hj. Mundjidah Wahab, salah satu sosok kader yang dinilai layak menjadi Ketua DPW PPP Jatim. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Partai Persatuan Pembangunan () harus berbenah untuk menyongsong yang diprediksi semakin ketat. Apalagi bila mengacu pada sejumlah hasil survei, elektabilitas rata-rata di kisaran 2 persen. Ini tentu lampu kuning bagi kalau ingin tetap ada di parlemen.

Peneliti senior Surabaya Survey Center (), Surokim Abdussalam menilai, harusnya suara sudah ada di kisaran 4-5 persen, karena itu angka moredarinya . Ia menyarankan harus merangkul seluruh potensi yang ada, termasuk memaksimalkan ceruk suara di Jawa Timur. Karena Jawa Timur merupakan basis nahdliyin yang merupakan suara tradisional .

"Jawa Timur adalah basis nahdliyin yang merupakan suara tradisional . Kalau bisa memaksimalkan suara di Jatim, saya kira secara otomatis mendongkrak suara secara nasional," tutur Surokim Abdussalam, Minggu (4/3/2021).

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) Universitas Trunojoyo Madura ini mengatakan, sebelum era reformasi suara nahdliyin terkonsentrasi di . Namun pasca munculnya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang diinisiasi Gus Dur dan sejumlah tokoh NU, suara nahdliyin lebih terkonsentrasi di PKB.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video