Gua Jegles Keling Kediri, Destinasi Wisata Tersembunyi Ini Sedang Viral di Medsos

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
Senin, 05 April 2021 10:05 WIB

Kades Keling Rofi'i Lukman bersama Mantan Wakil Bupati Kediri H. Masykuri saat berada di dalam Gua Jegles. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com.com - Gua Jegles, begitu nama gua yang masih dalam pembenahan itu sering disebut. Gua yang terletak di Dusun Jegles, Desa Keling, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri tersebut saat ini memang sedang viral di media sosial (medsos) atau Facebook.

Kediri dan sekitarnya mungkin cukup banyak destinasi alam berupa gua, dan Gua Jegles di Desa Keling ini banyak yang menilai sebagai salah satu gua terindah di antara wisata gua di Kediri Raya.

Didin Saputro, Pemuda Desa Keling menceritakan bahwa Gua Jegles ini dahulu sudah pernah dijadikan tempat bermain anak-anak Dusun Jegles di era 80-an. Jika sedang berkunjung ke Gua Jegles, lanjut Didin, pasti melihat coretan-coretan nama atau gambar yang terpahat di dinding gua bagian atas.

"Coretan itu menjadi salah satu bukti bahwa sejak tahun 1980-an, bahkan jauh sebelumnya, gua ini sering digunakan anak-anak setempat untuk bermain," kata Didin, Senin (5/4/2021).

Menurut Didin, juga ada cerita mistis terkait gua ini dan memang ada kesan angker bila berada di dalamnya. Cerita masyarakat yang berkembang kala itu, lanjut Didin, membuat Gua Jegles tak terawat. Selama 20 tahun lebih dipenuhi semak belukar. "Cerita mistis hingga kisah pernah diisukan sebagai gua pembantaian PKI membuat kawasan ini terkesan angker," ujarnya.

"Selain itu, Gua Jegles ini juga digunakan sebagai akses jalur masuk ke wahana wisata air river tubing," imbuh pemuda ceking yang juga pemerhati budaya tersebut.

Masih menurut Didin, sudah menjadi tekad pemuda dan Pemerintah Desa Keling untuk menjadikan Desa Keling sebagai desa wisata dan itu sudah dimulai pada 2018, yakni pada periode awal Gus Rofi'i Lukman mulai menjabat sebagai Kades Keling.

"Awal tahun 2019 gua ini mulai dibersihkan dari banyaknya sampah, pecahan kaca, semak belukar yang menutup gua. Upaya ini sebagai salah satu langkah pembukaan wisata river tubing," terang Didin.

Dijelaskan oleh Didin, Gua Jegles ini pernah menjadi tempat syuting Si Bolang pada akhir bulan Maret 2019 lalu. "Kemudian, karena kesan angker gua ini sirna dan ada upaya dikelola sebagai salah satu destinasi wisata, maka Desa Keling mendapat penghargaan sebagai Nominator Anugerah Desa Kabupaten Kediri 2019," imbuh Didin.

Ditambahkan oleh Didin, di sekitar Gua Jegles ini juga masih ada beberapa gua lain yang belum dikelola. Ada Gua Sumber, Gua Lowo, Gua Arung, dan beberapa gua lain yang salah satunya diduga sebagai saluran air kuno pada zaman kerajaan.

Sementara itu, Kades Keling Rofi'i Lukman menambahkan bahwa Gua Jegles ini bisa jadi paket wisata di Kepung Raya. Menurut Gus Rofi, sapaan Kades Keling itu, hampir seluruh desa di Kabupaten Kediri berlomba menggali potensi wisata di desa. Kecamatan Kepung salah satunya.

"Ke depan, sinergi antardesa di kecamatan Lereng Utara Gunung Kelud ini akan dijadikan satu paket wisata sinergi antardesa di sekitarnya. Termasuk rencana adanya bumi perkemahan Kabupaten Kediri di Krenceng yang akan dikembangkan," ujar Gus Rofi.

Menurut Gus Rofi, Gua Jegles ini belum resmi dibuka. Tapi pada Maret 2021 lalu, sudah bisa dinikmati.

"Gua ini belum sepenuhnya selesai direnovasi, karena masih tahap penataan. Sejumlah fasilitas pendukung wisatanya, juga belum selesai dibuat. Meski demikian, mereka yang penasaran dengan Gua Jegles tetap diberi akses oleh pemuda dan pemerintah desa untuk melihat kondisi gua terkini," pungkas Gus Rofi seraya mengatakan bahwa ke depan Gua Jegles akan dikelola oleh Bumdes Buwana Raharja Desa Keling. (uji/zar)