Persiapan Porprov Jatim VII, Atlet Pencak Silat Lamongan Digembleng Latihan Fisik

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Nur Qomar Hadi
Senin, 05 April 2021 10:45 WIB

Deby Kurniawan, Ketua Umum IPSI Cabang Lamongan yang juga Anggota Komisi X DPR RI saat memantau para atlet pencak silat latihan fisik di Stadion Surajaya Lamongan. (foto: ist)

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Guna mempersiapkan diri menghadapi pelaksanaan Porprov Jatim VII Tahun 2022 mendatang, Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Cabang Lamongan menggelar latihan fisik pembentukan daya tahan para atlet di Stadion Surajaya Lamongan.

"Sebenarnya kami sudah lakukan persiapan untuk para atlet sudah jauh hari sebelumnya, tetapi kami ingin melihat progres kemampuan atlet secara umum, sehingga bisa diketahui peningkatan dan kemampuan para atlet," ujar Deby Kurniawan, Ketua Umum IPSI Cabang Lamongan, Senin (5/4/2021).

Dikatakan Iwan, panggilan akrab Deby Kurniawan yang juga Anggota Komisi X DPR RI Fraksi Partai Demokrat, untuk bisa melihat hasil latihan yang maksimal selama di masa pandemi seperti ini, pengurus IPSI Lamongan terus memantau perkembangan para atlet.

Menurutnya, dengan latihan dan pemantauan ini para atlet pencak silat Lamongan akan bisa menuai hasil maksimal di Porprov Jatim mendatang. "Terus kami maksimalkan latihan sekaligus pengawasannya, sehingga para atlet persiapan porprov bisa meraih target yang sudah ditentukan," ujarnya.

Di tempat terpisah, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi memberikan motivasi kepada para atlet pencak silat untuk terus berprestasi. "Pencak silat harus menjadi cabang olahraga (cabor) andalan. Potensi besar untuk mendapat medali emas dan menorehkan prestasi baik tingkat regional, nasional, bahkan internasional, sangatlah tinggi. Saya yakin pencak silat bakal menjadi cabor andalan Lamongan," ujar Yuhronur.

Menurut Yuhronur, IPSI Lamongan harus mampu mempersiapkan atlet-atlet yang berprestasi, sehingga selain sepak bola, Lamongan memiliki olahraga unggulan di bidang pencak silat.

"Perbanyak latihan dan pertandingan antarperguruan pencak silat di Lamongan. Selain sebagai media silaturahmi antarperguruan pencak silat, juga agar kita punya cabang olahraga unggulan selain sepak bola," pungkasnya. (qom/zar)