Rawat 23 Pasien Covid-19, Direktur RSUD dr. Soegiri Lamongan: Jumlah Menurun Signifikan

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Nur Qomar Hadi
Senin, 05 April 2021 15:28 WIB

Direktur RSUD dr. Soegiri Lamongan dr. Moh. Chaidir Annas. (foto: ist)

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Direktur RSUD dr. Soegiri Lamongan dr. Moh. Chaidir Annas mengungkapkan bahwa pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang menjalani perawatan isolasi rumah sakit (IRS) menurun signifikan.

Hal itu ditunjukkan dengan banyaknya Bed Occupation Ratio (BOR) 89 tempat tidur yang disiapkan rumah sakit (RS) untuk penanganan pasien terpapar virus corona (Covid-19) dr. Soegiri Lamongan hanya terisi 10 persen saja.

"Sejak bulan Maret hingga April hanya ada 23 yang dirawat di IRS, penurunannya sangat tajam bila dibanding pada bulan Januari-Februari yang mencapai 90 persen pasien yang dirawat di IRS," ujarnya, Senin (5/4/2021) siang.

Karena terjadi penurunan pasien Covid-19 yang harus menjalani perawatan di IRS tersebut, maka sebagian petugas perawat yang selama ini menangani pasien Covid-19 dialihkan ke layanan medis lainya.

"Sudah dikurangi, yang sebelumnya bertugas di IRS Covid-19 kini dialihkan merawat pasien yang menderita penyakit lain. Tapi untuk dokter spesialis tetap disiagakan di sana (Pelayanan Covid-19)," ungkapnya.

Annas menegaskan, pasien yang dirawat opname di IRS Covid-19 memiliki komorbid dan sampai April ini hanya 23 tempat tidur yang terisi. "Rata-rata pasien Covid-19 yang diopname memiliki komorbid (penyakit penyerta), seperti diabetes, hipertensi, dan jantung, sehingga dokter-dokter spesialis tetap disiagakan," tegasnya.

Menurutnya, tidak semua pasien Covid-19 yang dirawat di IRS RSUD dr. Soegiri merupakan pasien rujukan dari dinas kesehatan hasil tracing. "Ada juga pasien yang datang atas keinginannya sendiri," terangnya.

Selain itu, Annas mengimbau kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah yakni mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

"Masyarakat harus tetap waspada dan terus menjaga kesehatan dan jangan takut berobat ke rumah sakit, semoga Covid-19 segera sirna," pungkasnya. (qom/zar)