RGR Berkolaborasi dengan 87 Lovers, Latih ODGJ Membuat Sabun

Editor: Tim
Wartawan: Muji Harjita
Kamis, 08 April 2021 11:40 WIB

Koordinator RGR Irma Yulianti dan Tim RGR saat memandu para ODGJ yang sudah mampu berkomunikasi dengan baik membuat sabun deterjen. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Relawan Gotong Royong (RGR) Kediri berkolaborasi dengan 87 Lovers (Pecinta Gangguan Jiwa) Kediri Raya, Divisi dari Komunitas Facebook Wong Wong Ngadiluwih, menggelar pelatihan membuat sabun untuk para ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa), Kamis (8/4).

Sekitar 22 ODGJ yang selama ini dalam pendampingan Relawan 87 Lovers dilatih membuat sabun oleh Tim RGR di Sanggar Kesehatan Jiwa Pak Roikhan, Dusun Susuhbango Utara, Desa Susuhbango, Kecamatan Ringinrejo, Kabupaten Kediri. Sebelum pelatihan membuat sabun, para ODGJ melakukan senam bersama yang juga diikuti oleh relawan RGR dan 87 Lovers.

Hari Kurniawan, Presiden 87 Lovers Kediri Raya menjelaskan di sanggar Kesehatan Jiwa Pak Roikan ini para ODGJ dilatih senam setiap Sabtu pagi. "Namanya Senam Waras Jiworogo, tujuannya untuk melatih respons mereka," kata Hari, Kamis (8/4).

Menurut Hari, selain dilatih senam, juga ada posyandu atau pengecekan kesehatan tiap satu bulan sekali. Petugas kesehatan biasanya datang ke sanggar untuk mengecek kesehatan para ODGJ.

Tidak hanya itu, setiap satu bulan sekali Relawan 87 Lovers juga selalu mengelar Make Over ODGJ. Mereka dipotong rambutnya, diganti pakaiannya, dan dimandikan oleh Tim 87 Lovers.

Selain mendampingi para ODGJ, lanjut Hari, 87 Lovers juga membagikan satu paket nasi bungkus setiap hari Jumat. Paket nasi bungkus diberikan kepada seluruh ODGJ, orang terlantar dan fakir miskin di wilayah Kediri bagian selatan, sebagian wilayah Blitar, dan Tulungagung.

"Setiap pembagian, kami sediakan kurang lebih 300 paket nasi bungkus yang berasal donatur hebat umat," pungkas Hari Genjhest, sapaan Presiden 87 Lovers itu seraya mengucapkan terima kasih kepada RGR yang peduli dengan para ODGJ ini.

Sementara itu, Irma Yulianti, Koordinator RGR mengatakan para ODGJ ini adalah orang yang perlu disentuh dan diperhatikan. Karena itu, kali ini RGR memberikan sedikit bantuan kepada para ODGJ, berupa seragam senam, masker, dan sembako.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Relawan 87 Lovers yang telah memberi kesempatan kepada RGR untuk ikut menyentuh para ODGJ ini," kata Irma Yulianti, Kamis (8/4).

Ditambahkan oleh Irma, RGR juga memberi pelatihan cara membuat sabun deterjen untuk cuci baju, termasuk memberikan bantuan berupa alat dan pelatihan membuat sabun.

"Tujuan pelatihan ini adalah untuk melatih saudara kita ODGJ ini agar bisa membuat sabun untuk kepentingannya sendiri, sekaligus agar nantinya bisa untuk usaha," terang Irma seraya mengatakan ke depannya akan selalu koordinasi dengan Relawan Wong-Wong Ngadiluwih Divisi 87 Lovers untuk kegiatan berikutnya. (uji/rev)