Kerap Meneror, Warga Perbon Tuban Ramai-ramai Tangkap Ular Piton 4 Meter

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Gunawan Wihandono
Minggu, 11 April 2021 18:40 WIB

Warga Kelurahan Perbon, Kecamatan/Kabupaten Tuban ramai-ramai menangkap ular piton yang selama ini kerap meneror warga.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Warga Kelurahan Perbon, Kecamatan/Kabupaten Tuban ramai-ramai menangkap ular piton yang selama ini kerap meneror warga. Ular sepanjang 4 meter itu ditangkap warga yang dibantu Tim BPBD Tuban, Minggu (11/4).

"Kita, warga bersama tim BPBD berhasil menangkap ular piton yang masuk ke pemukiman," ujar Kepala BPBD Tuban, Yudi Irwanto.

Kata Yudi, keberadaan ular itu sudah lama diketahui warga dan membuat resah. Setelah mengetahui keberadaan ular, warga beramai-ramai menangkapnya. Kemudian petugas datang dan mengevakuasi hewan melata tersebut. "Setelah ditangkap langsung kita evakuasi," timpalnya.

Ia menjelaskan, ular piton jenis sanca kembang itu diketahui sembunyi di selokan perumahan Jalan Cendrawasih Blok B Nomor 5, Perumahan Tuban Akbar. Selanjutnya, warga dan petugas langsung menangkapnya serta dimasukkan dalam sangkar. "Bobot ulat itu sekitar 45 kilogram," imbuhnya.

Yudi pun mengimbau kepada warga agar selalu waspada jika ada hewan melata tersebut. Pasalnya, ular piton itu selalu melilit mangsanya. Jika tidak berani menangkap sebaiknya segera melaporkan pada petugas. "Kalau ada kesulitan saat menangkap sebaiknya lapor petugas BPBD," tegasnya. (gun/ian)