Ketua DPW PKS Jatim Takziah dan Gelar Tahlil untuk Korban Meninggal Gempa Malang

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
Senin, 12 April 2021 21:31 WIB

Ketua DPW PKS Jatim Irwan Setiawan dan Ketua Fraksi PKS DPRD Jatim Dwi Hari Cahyono bertakziah dan menggelar tahlil di rumah duka korban meninggal dunia gempa Malang. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gempa bumi dengan pusat gempa di Malang sudah berlalu beberapa hari yang lalu. Namun bencana alam itu masih menyisakan duka yang mendalam.

Ketua DPW PKS Jawa Timur Irwan Setiawan dan Anggota DPRD Jatim dari PKS Dwi Hari Cahyono, bersama pengurus DPD PKS Kabupaten Malang dan relawan, serta Ketua DPC Ampelgading dan Ketua DPC Turen melakukan takziah pada Senin (12/4/2021) di rumah korban meninggal akibat gempa Malang beberapa waktu lalu. Rombongan juga menggelar doa dan tahlil di rumah duka.

Dua dari tiga korban meninggal akibat gempa yang dikunjungi di Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang adalah rumah Imam Santoso (30 tahun) di Desa Sidorenggo dan Misni (90 tahun) di Desa Tamansari. Doa dan tahlil yang dipimpin oleh Dodik Kurniawan, Ketua DPC PKS Kecamatan Ampelgading juga diikuti oleh keluarga korban dan pentakziah lainnya.

Selain itu, rombongan dari PKS juga memberikan bingkisan sembako dan uang santunan untuk korban. Rombongan juga berkunjung ke Pondok Pesantrena Asy Syafiiyah Tirtomoyo, Ampelgading yang roboh terkena gempa, mempunyai santri 95 orang.

Irwan dalam kesempatan itu menyampaikan rasa duka yang mendalam kepada keluarga korban. Ia bersyukur pengurus DPD dan DPC telah menerjunkan relawan PKS dan sudah bergerak cepat menemui dan membantu masyarakat terdampak gempa Malang.

Irwan mengungkapkan, tugas PKS turut memberikan respons cepat dan segera memberi informasi kepada struktur baik yang ada di kabupaten/kota maupun wilayah di tingkat provinsi.

“Dengan demikian, struktur akan mengetahui prioritas bantuan yang dibutuhkan dan support apa yang bisa segera diberikan PKS. Dari informasi itu, struktur akan segera berkoordinasi dengan bidang-bidang yang terkait,” kata Irwan lewat keterangan tertulis.

Selain itu, Irwan berpesan kepada pengurus PKS yang hadir agar juga segera berkomunikasi dan koordinasi dengan BPBD setempat aparat desa terkait.

“PKS harus berikan contoh bahwa kolaborasi bisa dilakukan. Meskipun di setiap bencana, PKS tidak pernah ketinggalan untuk melakukan sinergi dan kolaborasi. Saya juga tidak pernah lupa untuk mengingatkan ini, karena begitu pentingnya menjalin komunikasi dengan pihak terkait,” kata Irwan.

Kepada warga terdampak di Kecamatan Ampelgading, Irwan menyampaikan bahwa selain membantu mengirimkan relawan untuk membantu evakuasi rumah. PKS juga berusaha mendorong pemerintah untuk memberikan perhatian kepada warga yang terkena musibah.

“Jika ada hal-hal yang dirasa kurang, tugas kita menyampaikan ke pemerintah, karena PKS punya wakil rakyat ke pemerintah provinsi. PKS harus hadir memberikan bantuan terhadap yang terdampak, Pak Dewan hadir untuk berikan perhatian. Semaksimal mungkin," ujar politikus yang akrab disapa Kang Irwan itu.

Dwi Hari Cahyono, sebagai Ketua Fraksi di DPRD Provinsi Jawa Timur menyampaikan empati dan duka mendalam atas musibah yang terjadi. Ia juga juga menyampaikan terima kasih atas perhatian pemerintah Kabupaten Malang dan Provinsi yang sudah hadir menyapa dan memberikan bantuan terhadap masyarakat yang terdampak

“Bu Gubernur dan Pak Bupati sudah datang, matur nuwun sanget perhatiannya yang sudah hadir di lokasi bencana dan memberikan bantuan. Saya akan mendorong pemkab dan pemprov untuk menindaklanjuti terkait warga yang berdampak, yang kehilangan rumah, mohon doanya,” pungkas Dwi. (mdr/ian)