Tanamkan Puasa dan Tadarus Sejak Dini, KB-TK Al Muslim Gelar Ustadzah Berkisah

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Musta'in
Jumat, 16 April 2021 20:49 WIB

UNIK: Program Ustadzah Berkisah yang digelar KB-TK Al Muslim, Jumat (16/4/2021). foto: istimewa

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - KB-TK Al Muslim menggelar program "Ustadzah Berkisah" untuk menanamkan kebiasaan berpuasa dan tadarus sejak dini. Program bagian dari Al Muslim Ramadan Fest ini digelar setiap hari Jumat.

Pada Jumat (16/4/2021), Ustadzah Berkisah bertema Semangat Berpuasa Ramadan. Program ini digelar secara virtual melalui Zoom Meeting dan Live Youtube, diikuti seluruh siswa dan guru KB-TK Al Muslim, pukul 08.00 - 09.00 WIB.

Kepala KB-TK Al Muslim, Siti Aminah mengatakan, meskipun Ramadan kali ini masih di masa pandemi, anak-anak diajak tetap semangat berlatih puasa dan meningkatkan amal ibadah.

"Karena ibadah di bulan Ramadan akan dilipatgandakan pahalanya. Seperti memperbanyak membaca Al Qur’an, Salat Tarawih, sedekah, belajar, membantu orang tua, dan sebagainya," cetus Siti Aminah usai acara.

Siti Aminah berharap melalui kegiatan itu dapat meningkatkan karakter religius anak didiknya. Selain itu, juga kelancaran peserta didik dalam membaca Al Qur’an. Misalnya Tadarus Al Qur’an Surat Al Baqarah ayat 1-10 dari kelompok TK B dibacakan Nisa, Airlangga, Rafa, Zahwa, dan Kenzie.

"Alhamdulillah, semoga bacaan Al Qur’an anak-anak menjadi ladang pahala bagi dirinya, kedua orangtua serta ustadzahnya," harap Siti Aminah, yang juga mantan Humas Yayasan Al Muslim Jatim ini.

Dalam acara Ustadzah Berkisah kali ini disampaikan oleh Ustadzah Mudjiastutik dan Ustadzah Dewi Suryowati ditemani boneka Alma dan Ali.

Dalam kisahnya, mereka menyampaikan makna puasa. Puasa itu tidak hanya menahan lapar dan haus, akan tetapi juga menahan diri dari marah. Selain itu juga disampaikan beberapa keistimewaan bulan Ramadan. Salah satunya diturunkannya Al Qur’an di bulan Ramadan.

Kedua ustadzah itu juga menjelaskan, dengan memperbanyak membaca Al Qur’an, bersedekah dan Salat Tarawih maka amalan ibadah yang kita kerjakan akan dilipatgandakan pahalanya.

Tidak hanya itu, ustadzah juga menekankan pentingnya untuk berbakti kepada kedua orangtua. Hal itu sesuai hadits Aljannatu takhta aqdaamil ummahaat. Artinya surga di bawah telapak kaki ibu.

"Hasilnya, anak-anak sangat komunikatif dan banyak yang bisa melafalkan hadits keutamaan orang tua itu," cetus Ustadzah Mudjiastutik.

Sementara di penghujung acara ditutup bacaan doa yang dipimpin Ustadzah Chikmah. Dan melalui acara ini, siswa KB-TK Al Muslim diharapkan lebih rajin beribadah dan berlomba-lomba dalam kebaikan. (sta/ian)