Tingkatkan Layanan Hemodialisis, RSUD Bangil Tambah Puluhan Mesin Baru | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tingkatkan Layanan Hemodialisis, RSUD Bangil Tambah Puluhan Mesin Baru

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Habibi
Selasa, 20 April 2021 16:14 WIB

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf meninjau ruang pelayanan hemodialisis di RSUD Bangil.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Upaya untuk meningkatkan layanan kesehatan di bidang unit hemodialisis terus dilakukan. Salah satunya dengan menambah mesin hemodialisis, dari sebelumnya hanya 9 unit, kini menjadi 36 unit.

Ini dilakukan seiring dengan meningkatnya pasien pengidap penyakit ginjal yang berobat ke RSUD Bangil. Alat hemodialisis baru ini diremsikan Kamis (15/4) lalu.

Dirut dr. Arma Rosalina menyampaikan bahwa pelayanan hemodialisis di sudah ada sejak 4 April 2016. "Mesin yang dimiliki awalnya sebanyak 9 unit. Seiring perkembangan waktu serta hasil feasibility study, kebutuhan layanan hemodialisis semakin meningkat dengan tingginya daftar antrean pasien yang memerlukan hemodialisis, sehingga diperlukan penambahan mesin baru," ungkapnya.

Menurut dr. Arma, sekitar 0.08 persen atau 1.285 jiwa dari jumlah penduduk di Pasuruan yang mencapai 1.605.969 jiwa, mengalami Chronic Kidney Disease – End Stage Renal Disease. Idealnya, kata dr. Arma, dari jumlah pasien CDK - ESRD sebanyak itu, seharusnya di Pasuruan Raya tersedia sebanyak 428 mesin.

"Untuk itulah berupaya untuk menambah kapasitas layanan hemodialisis," jelasnya saat memberikan sambutan peresmian gedung baru instalasi hemodialisis yang memanfaatkan gedung eks IGD, Kamis (15/4/2021).

(Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf memotong pita tanda diresmikannya layanan hemodialisis )

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video