Pakai Biaya Perawatan Rutin, Pembenahan Jalan-jalan di Pasuruan Tidak Bisa Menyeluruh

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ahmad Habibi
Selasa, 20 April 2021 16:49 WIB

Pemkab Pasuruan mulai melakukan pembenahan jalan, menyongsong datangnya musim Lebaran.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Banyaknya jalan kabupaten yang rusak ringan maupun sedang akibat diguyur hujan, mulai dilakukan perbaikan oleh pihak Pemkab Pasuruan. Hanya saja, pembenahan tidak dilakukan secara menyeluruh. Lantaran anggaran perbenahan jalan hanya berasal dari biaya perawatan rutin Dinas PU Bina Marga.

Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Pasuruan Ir Hanung Widya Sasangka menuturkan, kerusakan jalan-jalan kabupaten memang dipengaruhi banyak faktor. Selain curah hujan, juga kendaraan yang melintas tidak sesuai kelas jalan. "Perbaikan jalan memang tidak bisa dilakukan lebih awal lantaran masih menunggu proses pengadaan material," jelas Hanung.

Ia menambahkan, kendala lain yang menyebabkan perbaikan jalan tidak maksimal adalah faktor musim hujan. Diketahui, jalan-jalan yang sudah dibenahi melalui perawatan seperti pengurukan lubang jalan dengan material pilihan, selang beberapa hari sudah rusak akibat tingginya curah hujan.

"Mulai pekan lalu, perbaikan jalan sudah dilakukan. Utamanya jalan protokol yang padat kendaraan," jelas pria asal Prigen ini.

Data yang diperoleh BANGSAONLINE.com menyebutkan, saat ini pihak Dinas PU Bina Marga menerjunkan 4 alat berat untuk perbaikan jalan protokol jelang lebaran, yakni ruas Jalan Ngempit - Tambakrejo, ruas Kalianyar - Bangil, ruas perempatan Pandaan, dan ruas Pandaan - Bangil. Dinas PU belum bisa menjelaskan berapa panjang jalan yang akan dibenahi lantaran perawatan jalan masih berlangsung. (bib/par/ian)