Wali Kota Batu​ Ikuti Rakor Forum Kemitraan BPJS Kesehatan Cabang Malang

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Agus Salimullah
Selasa, 20 April 2021 20:10 WIB

Wali Kota Batu Hj. Dewanti Rumpoko mengikuti kegiatan koordinasi forum kemitraan yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan Cabang Malang di Hotel Aston Kota Batu, Selasa (20/4/2021). (foto: ist)

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Batu Hj. Dewanti Rumpoko mengikuti kegiatan rapat koordinasi (rakor) forum kemitraan yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan Cabang Malang di Hotel Aston Kota Batu, Selasa (20/4/2021).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala BPJS Cabang Malang Dina Diana Permata, Anggota DPRD Kota Batu Joned, Kadinkes Kota Batu drg. Kartika Trisulandari, LVRI Batu, Kepala BKPSDM Siswanto, serta Direktur RS Karsa Husada, RS Baptis, dan RS Hastabrata.

Wali Kota Batu menyampaikan bahwa rapat koordinasi ini bertujuan untuk membicarakan kendala dan masalah yang ada, agar BPJS dapat dijalankan dengan baik.

"Alhamdulillah, program Universal Health Coverage (UHC) di Kota Batu saat ini sudah mencapai 97,44%. Sisa 2,56% belum terkover BPJS akan dicari dan didaftarkan program JKN," kata Wali Kota Batu.

Wali Kota Batu juga berharap kerja sama Pemerintah Kota Batu dengan BPJS Kesehatan berjalan baik dan masyarakat taat membayar iuran, sehingga pelayanan kesehatan semakin bagus.

Sementara itu, Dina Diana Permata, Kepala BPJS Cabang Malang menyampaikan bahwa kendala yang menyebabkan belum seluruh masyarakat Kota Batu terkover BPJS adalah data.

"Diperlukan sanding data antara BPJS Kesehatan dengan dispendukcapil. Nantinya dinas sosial dan dinas kesehatan akan bekerja sama untuk menyisir sisa 2,56% dari penduduk yang akan didaftarkan ke BPJS. Dengan begitu, seluruh masyarakat Kota Batu dapat mengakses pelayanan kesehatan," kata Dina. (asa/zar)