Bupati Sumenep Ajak HPI Kerja Bareng Dongkrak dan Kembangkan Wisata

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Alan Sahlan
Selasa, 20 April 2021 20:58 WIB

Bupati Sumenep saat audiensi dengan DPC HPI Kabupaten Sumenep di Ruang VIP Rumah Dinas (Rumdis) Bupati Sumenep, Selasa (20/4//2021). (foto: ist)

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kabupaten Sumenep diharapkan bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Sumenep untuk mendorong dan menggerakkan pariwisata.

Pernyataan tersebut disampaikan Bupati Sumenep Achmad Fauzi, M.H. Menurut bupati, pelaku wisata termasuk HPI merupakan garda terdepan pembangunan pariwisata. Apalagi, Sumenep memiliki keragaman destinasi wisata yang tidak kalah dengan pariwisata lainnya di Nusantara.

"Sejatinya, pemerintah daerah tidak bisa berjalan sendiri mengembangkan pariwisata, sehingga membutuhkan peran dan dukungan DPC HPI Sumenep, dalam rangka mewujudkan kemajuan industri pariwisata di Kabupaten Sumenep," jelas Bupati Sumenep saat audiensi dengan DPC HPI Kabupaten Sumenep di Ruang VIP Rumah Dinas (Rumdis) Bupati Sumenep, Selasa (20/4//2021).

Dia optimis, manakala para pelaku wisata berkolaborasi untuk menunjang pembangunan pariwisata, jelas berdampak signifikan terhadap pengembangannya yang pada akhirnya menyejahterakan masyarakat.

"Diharapkan semua pelaku wisata salah satunya HPI Sumenep bersinergi membantu pemerintah daerah untuk mengembangkan potensi pariwisata agar banyak diminati masyarakat," imbuhnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, DPC HPI Sumenep diharap terus meningkatkan kemampuan dan wawasan kepariwisataan, supaya wisatawan yang datang ke Sumenep merasa nyaman dan ingin kembali lagi.

"Diharapkan, dengan memiliki sumber daya manusia (SDM) yang kompeten mampu menjadi guide yang profesional untuk para wisatawan di Kabupaten Sumenep," tandasnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPC HPI Kabupaten Sumenep Hambali mengungkapkan, pihaknya siap mendukung pemerintah daerah mengantarkan para wisatawan asing serta wisatawan dalam negeri untuk menikmati keindahan wisata di ujung timur Pulau Madura ini.

"Untuk itu, kami sudah mempersiapkan diri jauh hari untuk membantu Pemerintah Kabupaten Sumenep menggerakkan pariwisata," terangnya.

DPC HPI Kabupaten Sumenep telah mengikuti pelatihan sesuai dengan standar dan sudah berlisensi sebanyak 140 orang, tetapi yang aktif sampai saat ini 30 pramuwisata untuk ikut serta menyukseskan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Sumenep di bidang pariwisata.

"Kami yang tergabung di DPC HPI Kabupaten Sumenep telah menyiapkan diri sebagai pemandu wisata atau guide yang baik untuk wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Sumenep," pungkasnya. (aln/zar)