Menteri Perdagangan Buka Peluncuran Ekspor Perdana Produk L-Cysteine oleh CJI

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Fuad
Selasa, 20 April 2021 21:33 WIB

Muhamad Lutfi saat meninjau Cysteine didampingi Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Menteri M. Lutfi melakukan pelepasan ekspor Cysteine oleh PT. Cheil Jedang Indonesi (CJI) ke Amerika serikat. Giat itu dilaksanakan di halaman CJI, Desa Arjosari, Rejoso, Kabupaten Pasuruan, Selasa (20/4). 

Cysteine merupakan semacam makanan pokok yang rasanya seperti daging. Dijelaskan oleh Lutfi, bahwa bahan tersebut merupakan produk unggulan dengan kualitas harga tinggi.

"Total harga barang semua yang ada di kontainer itu diperkirakan 9 miliar rupiah," katanya. Ia mengaku bangga ada produk dalam negeri yang terekspor ke luar negeri. Hal ini menjadi nilai tambah yang patut didukung untuk perkembangan ke depan.

Sedangkan Yoon Tae Sang, Executive Vice President CJI Plant Pasuruan, dalam sambutannya menyampaikan ekspor ini merupakan jawaban dari CJI atas adanya permintaan FlavorNrich Master C.

"CJI menjawab permintaan pasar global khususnya pada industri makanan untuk menghadirkan produk asam amino yang alami dan dapat dipergunakan oleh siapa pun, termasuk para kelompok vegan. CJI menargetkan pada 2021 penjualan produk FlavorNrich Master C dapat menyasar negara-negara di Eropa dan Amerika. Seluruh produk ekspor CJI merupakan produk yang sangat dibutuhkan dalam mata rantai perdagangan global industri makanan dan industri pakan," katanya.

"Target kami bisa menguasai pasar Eropa dan Amerika karena memang permintaan pasar untuk produk dengan konsep natural dan ramah lingkungan ini sedang naik di negara tersebut," ujar Yoon Tae Sang.

Diketahui, CJ di Indonesia telah mengawali bisnisnya sejak tahun 1988 dan kini telah memiliki enam jaringan bisnis yaitu bioteknologi, feed & livestock, food, logistik, bakery, dan bioskop. Total investasi bisnis CJ di Indonesia mencapai USD 1,6 miliar dengan total 15.000 orang karyawan yang tergabung dalam seluruh grup bisnisnya. (afa/rev)