Iptu Agnis Juwita, Kapolsek Wanita Pertama di Sedati Sidoarjo, Sosok Kartini Masa Kini​

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Catur Andy Herlambang
Rabu, 21 April 2021 23:21 WIB

Kapolsek Sedati Iptu Agnis J Manurung saat berada di ruang kerjanya.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Menjadi pemimpin wanita satu-satunya di lingkungan polsek wilayah hukum Polresta Sidoarjo, Kapolsek Sedati Iptu Agnis Juwita Manurung, S.I.K., M.M., M.Si., harus memiliki sikap tegas ke anggota dan jajaranya yang mayoritas kaum laki-laki.

Ditemui di ruang kerjanya, wanita yang mengenyam pendidikan di Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2013 ini mengungkapkan keteladannya terhadap sosok pejuang wanita Raden Ajeng (RA) Kartini. Keteladanan terhadap perjuangan RA Kartini dalam persamaan hak atau emansipasi wanita itulah yang juga menjadi salah satu alasan dirinya menjadi anggota Polisi Wanita ().

"Meneladani perjuangan RA Kartini, salah satu alasan saya menjadi anggota Polri. Saat saya memutuskan menjadi , saya menyadari pekerjaan ini bukan sekadar membawa kebanggaan di pundak saya dan bukan pekerjaan yang mudah. Tapi keteladanan RA Kartini yang membuat tekad saya bulat dan restu serta dukungan kedua orangtua yang menyetujui saya masuk Polri," kata Iptu Agnis, Selasa (21/4/2021).

Lebih jauh, anak kedua dari dua bersaudara dari Alm W. Manurung dan Ny. Dorianna Siahaan ini mengungkapkan jika tantangan menjadi polisi wanita adalah ketika mendapat hal atau tugas yang sama dengan polisi laki-laki.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video