Tak Ada Nama Muassis NU, H. Syafiuddin Tolak Kamus Sejarah Indonesia, Usulkan Syaichona Kholil Masuk | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tak Ada Nama Muassis NU, H. Syafiuddin Tolak Kamus Sejarah Indonesia, Usulkan Syaichona Kholil Masuk

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Subaidah
Rabu, 21 April 2021 23:36 WIB

H. Syafiuddin, Anggota DPR RI Fraksi PKB.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Tak adanya nama muassis Nahdlatul Ulama (NU) KH. Hasyim Asy'ari dalam Kamus Sejarah Indonesia terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan () mendapat kecaman keras dari H. Syafiuddin, Anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Ia menolak keras Kamus Sejarah Indonesia Jilid 1 yang sudah diterbitkan dalam bentuk soft copy (salinan lunak) tersebut. 

"Saat rapat Fraksi PKB, kami sudah menyoroti secara keras terhadap tidak adanya nama KH Hasyim Asy'ari dan di Kamus Sejarah Jilid 1 Nation Formation (1900-1950). Oleh karena itu, F-PKB menolak adanya Kamus Sejarah terbitan tersebut," jelas yang merupakan Anggota Komisi V .

Menurutnya, tokoh yang dimasukkan dalam Kamus Sejarah Indonesia tidak dilakukan secara objektif. "Terkesan Kemerdekaan Indonesia hanya sebuah pemberian, bukan atas perjuangan bangsa Indonesia," katanya.

"Kalau objektif, karena sampulnya menggunakan gambar Kiai Hasyim Asy'ari, seharusnya isi konten juga berisi tentang perjuangan Kiai Hasyim Asy'ari. Tapi, yang tertulis malah tokoh-tokoh Jepang dan Belanda, bahkan melupakan pahlawan nasional kita," terang Abah Syafi' sapaan akrab Syafiuddin.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video