Dibiayai APBN, Pembangunan Tanggul Bengawan Solo di Tuban Direncanakan Tahun Ini

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Gunawan Wihandono
Kamis, 22 April 2021 19:52 WIB

Bupati Tuban H. Fathul Huda. (foto: ist)

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Menjelang masa akhir kepemimpinan Bupati H. Fathul Huda bersama Wabup Noor Nahar Hussein, Pemkab Tuban mulai menekankan sektor infrastruktur dan pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia).

Bupati Tuban H. Fathul Huda mengatakan, sejumlah pembangunan infrastruktur di Kabupaten Tuban juga melibatkan pemerintah provinsi dan pusat. Salah satunya adalah pembangunan tanggul Bengawan Solo yang akan dimulai tahun 2021 ini.

Nantinya proyek tersebut akan dibiayai APBN, sedangkan Pemkab Tuban menyelesaikan pembebasan lahannya. Keberadaan tanggul itu mencegah terjadinya bencana banjir yang tiap tahun menerjang wilayah bantaran Sungai Bengawan Solo.

"Dengan adanya tanggul itu juga dapat dimanfaatkan sebagai saluran irigasi dan cadangan air guna meningkatkan produktivitas pertanian," jelas Bupati Tuban H. Fathul Huda, Kamis (22/4/2021).

Bupati asal Kecamatan Montong ini menekankan seluruh proyek di Kabupaten Tuban dikerjakan mengacu regulasi yang berlaku. Pembangunan proyek wajib sesuai dengan perencanaan awal. Tidak hanya itu, selama proses pengerjaan mendapat pengawalan dan pengawasan dari Kejaksaan Negeri Tuban.

"Pengawasan dilakukan untuk menjamin pengerjaan sesuai tepat mutu, kualitas, dan waktu pengerjaan. Semuanya dilakukan secara transparan dan semua orang bisa memantau," sambungnya. (gun/zar)