Perkuat Pendidikan Karakter, ATF Gelar Batu Membaca Alquran

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Agus Salimullah
Kamis, 22 April 2021 20:51 WIB

Wali Kota Batu Hj. Dewanti Rumpoko hadir sekaligus membuka acara Batu Membaca Alquran. (foto: ist)

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Lantunan Surat Ar-Rahman menandai dibukanya Batu Membaca Alquran di Masjid Brigjend Soegiyono, Kamis (22/4/2021) siang. Batu Membaca Alquran diisi dengan Lomba Tartil Alquran dan Kaligrafi Digital untuk siswa tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK di Kota Batu.

Wali Kota Batu Hj. Dewanti Rumpoko yang hadir sekaligus membuka acara, memberikan apresiasi atas digelarnya Batu Membaca Alquran tersebut. "Ini kegiatan yang sangat luar biasa. Di masa pandemi, di mana anak-anak terbatas aktivitasnya, kegiatan ini bisa menjadi penyejuk bagi anak-anak di Bulan Suci Ramadan," kata Wali Kota Batu.

"Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan minat siswa-siswi untuk membaca Alquran dan menguatkan karakter generasi muda yang unggul," pungkasnya.

Sementara itu, selain untuk memperingati Bulan Suci Ramadan 1442 H, Batu Membaca Alquran yang digelar oleh Among Tani Foundation (ATF) ini juga bertujuan untuk meningkatkan minat membaca Alquran di kalangan pemuda Kota Batu.

"Kami menyadari pentingnya penguatan karakter bagi para siswa. Terutama pada masa pandemi ini, kita ingin meningkatkan potensi siswa yang ada di Kota Batu," kata Ketua Panitia, Mistin.

Proses pendaftaran dan seleksi dilakukan secara online dengan mengirimkan hasil bacaan dan hasil karya melalui grup Telegram.

"Total ada 48 peserta yang masuk seleksi. Hari ini ada 24 peserta lomba tartil jenjang SMP/MTs, untuk sisanya 24 peserta lagi akan kami seleksi besok," kata Mistin.

Sedangkan untuk lomba Kaligrafi Digital, telah tersaring 100 karya siswa yang kemudian akan dilakukan sesi wawancara untuk mengetahui orisinalitas karya yang dikumpulkan. (asa/zar)