BPOM Temukan Kerupuk Mengandung Boraks di Kota Blitar

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Akina Nur Alana
Jumat, 23 April 2021 10:54 WIB

Petugas BPOM saat memeriksa kandungan sejumlah makanan dan minuman yang dijual di pasar Takjil Kota Blitar. Ada empat parameter yang diuji, yakni kandungan Formalin, Boraks, Rodamin B, dan DNA Babi.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Kerupuk dengan kandungan boraks di dalamnya ditemukan di Kota Blitar. Temuan ini setelah petugas gabungan yang terdiri dari Tim Koordinasi Pembinaan dan Pengawasan Makanan dan Obat (TKP2MO) Kota Blitar dan Loka Pengawasan Obat dan Makanan (POM) Kediri melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) ke pasar takjil Jalan Ahmad Yani, Kota Blitar.

Staf Loka POM Kediri, Andreas mengatakan pihaknya telah melakukan uji sampling terhadap 21 jenis makanan dan minuman yang ada di pasar Takjil Kota Blitar.

"Ada empat parameter yang kami uji, yakni kandungan Formalin, Boraks, Rodamin B, dan DNA Babi," sebut dia.

Dari jumlah keseluruhan sampel yang dilakukan uji kelayakan oleh petugas, ditemukan satu produk yakni jenis kerupuk yang positif mengandung boraks. Menurut dia, kandungan boraks memang sering ditemukan berada di jajanan kerupuk karena dapat membuat tekstur lebih renyah dan awet.

"Tindak lanjutnya, akan kami tarik seluruh produk yang mengandung boraks tersebut dan melakukan pembinaan terhadap pedagang yang bersangkutan," pungkas Andreas. (ina/ns)