Razia Balap Liar, Polres Blitar ​Amankan Motor Pelat Merah

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Akina Nur Alana
Selasa, 27 April 2021 11:09 WIB

Motor pelat merah ikut diamankan dalam razia balap liar di Blitar. (foto: ist)

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Disinyalir akan melakukan balap liar, puluhan remaja beserta kendaraan roda dua diamankan Satlantas Polres Blitar. Ada 72 orang pemuda yang diamankan bersama 36 unit kendaraan. Satu di antaranya motor jenis Yamaha WIN berpelat merah.

Mereka kemudian digiring ke Mapolres Blitar untuk dilakukan pembinaan dan pemberian sanksi tilang. Sebagai bentuk pembinaan di bulan Ramadan, semua pemuda yang terjaring razia diminta untuk membaca Surat Yasin di halaman Mapolres Blitar. Setelah itu mereka diberi sanksi tilang.

Kasatlantas Polres Blitar AKP I Putu Angga Feriyana mengatakan, kegiatan penindakan tersebut merupakan upaya menindaklanjuti adanya beberapa laporan masyarakat terkait maraknya balap liar di daerah Gunung Betet perbatasan antara Kecamatan Sutojayan dan Kecamatan Kademangan. Dari laporan tersebut, pihaknya bergerak cepat dengan mengerahkan personel untuk melakukan razia.

"Tadi malam kami bersama piket peleton siaga Polres Blitar melaksanakan giat penindakan dan pembinaan kepada remaja yang berada atau terlibat di lokasi balap liar. Hal ini juga untuk mencegah terjadinya laka lantas serta upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa," ujar Putu.

Selain hendak melakukan balap liar, mereka juga diketahui tidak menerapkan protokol kesehatan. Para pembalap amatir ini terlihat tidak memakai masker dan berkerumun di satu titik.

"Selain ditemukan kendaraan tidak sesuai standar, mereka ini juga pelanggaran protokol kesehatan," imbuhnya.

Kegiatan penertiban balap liar ini akan terus dilakukan Satlantas Polres Blitar di wilayah hukumnya.

Selain dapat memicu kecelakaan yang dapat menimbulkan korban jiwa, balapan liar juga menimbulkan kegaduhan karena suara bising dari kendaraan. Ditambah lagi, risiko penularan Covid-19 dari para pemuda yang tengah berkerumun. (ina/zar)