Pemkot Surabaya Lanjutkan Garap Dua Bozem Swakelola | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pemkot Surabaya Lanjutkan Garap Dua Bozem Swakelola

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Indrayadi
Selasa, 27 April 2021 21:28 WIB

Pembuatan bozem. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Meskipun masih masa pandemi dan banyak anggaran yang di-refocusing, namun Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya tetap mengerjakan beberapa proyek yang bisa digarap secara swakelola tanpa melalui lelang seperti biasanya. Salah satu yang terus dilanjutkan pengerjaannya adalah pembangunan dua bozem, yaitu dan .

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya Erna Purnawati mengaku ada beberapa proyek yang telah direncanakan namun harus ditunda karena refocusing anggaran. Salah satu proyek tersebut adalah lanjutan box culvert dan jalan di sisi barat Surabaya, termasuk pula beberapa proyek pedestrian di sejumlah tempat.

"Akibat refocusing anggaran, memang ada beberapa proyek yang harus ditunda. Namun, proyek yang bisa dikerjakan secara swakelola oleh Satgas PU, maka kami lanjutkan, termasuk dua bozem, yaitu di Tubanan dan Telaga Manukan," kata Erna, Selasa (27/4/2021).

Menurutnya, dua pembangunan bozem ini merupakan tindak lanjut sidak Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di awal-awal menjabat Wali Kota Surabaya. Kala itu, dia mencoba menelusuri beberapa saluran yang menyebabkan genangan di wilayah Kantor Imigrasi Kelas 1 Tanjung Perak dan sekitarnya.

"Ternyata saat itu ada tanah luas yang bisa dijadikan bozem, sehingga Pak Wali Kota langsung meminta kami untuk membuat bozem di dua tempat yang berbeda. Kalau dua bozem ini sudah jadi, maka airnya tidak akan bersatu lagi di depan imigrasi, sehingga genangan di wilayah imigrasi itu bisa diantisipasi," tegasnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video