Mbah War, Sang Maestro Biola Asal Kediri itu Meninggal Dunia

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Rabu, 28 April 2021 14:28 WIB

Ketua DPRD Kabupaten Kediri Dodi Purwanto ketika membesuk Mbah War, Jumat (9/4) lalu. (foto: ist.)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Para seniman dan pegiat budaya di Kediri berduka. Mbah War (75), seorang seniman senior di Kediri telah berpulang. Kabar meninggalnya sang maestro biola bernama Warsidi ini pertama kali disampaikan oleh sahabatnya, Abah Banjaran, yang mengunggah foto Mbah War dan ucapan belasungkawa di Facebook, Rabu (27/4).

Abah Banjaran, menyampaikan bahwa Mbah War meninggal di RS Gambiran Kota Kediri, Rabu (27/4) siang, setelah menjalani perawatan karena sakit.

Yogi, sahabat Mbah War yang lain, menceritakan bahwa semalam ia masih berkirim pesan dengan Mbah War melalui WhatsApp. Menurutnya, saat itu Mbah War minta dibawakan kabel listrik untuk mengecas HP.

"Selamat jalan, Mbah. Semoga penjenengan husnul khotimah," ujar Yogi.

Sebelumnya, Ketua DPRD Kabupaten Kediri Dodi Purwanto juga telah membesuk sang maestro biola tersebut di rumah keponakannya, Lingkungan Ngadirejo, Kecamatan Kota Kediri, Jum'at (9/4) lalu.

Bahkan, Dodi Purwanto-lah yang merayu Mbah War agar bersedia di rawat di rumah sakit. Ketika bertemu dengan Mbah War, Dodi merasa khawatir dengan kondisi kesehatan musisi senior tersebut, karena yang bersangkutan awalnya menolak untuk dibawa ke rumah sakit (RS).

Setelah mendapat kunjungan dari Ketua DPRD Kabupaten Kediri, tim medis dari Home Care Peduli RSUD Gambiran Kota Kediri langsung melakukan penjemputan kepada Mbah War guna menjalani perawatan. Namun sayang, nyawanya tak tertolong. Mbah War mengembuskan napas terakhirnya di RS. Gambiran.

Di mata Dodi Purwanto, Mbah War adalah seniman senior fenomenal. "Dia adalah sosok seniman 3 dekade. Saya mengenal beliaunya itu mulai tahun 1987, beliaunya tampil. Terus kami pernah ngopi bareng di tahun 1990 hingga sampai sekarang. Beliaunya memang dari dulu seniman musik biola," ujar pria yang juga Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kediri ini.

Sekadar informasi, Mbah War atau Warsidi lahir di Kediri, 9 April 1951. Mbah War adalah salah satu pendiri Kelompok Musik Allegro, yang sering tampil di acara-acara baik di gedung maupun di hotel.

Termasuk tampil ketika diundang untuk mengisi sebuah acara. Mbah War adalah seorang musisi senior yang pantang untuk mengamen di jalanan.

Semasa hidupnya, Mbah War juga pernah menjadi anggota Dewan Kesenian Kota Kediri (DK3). Almarhum termasuk orang yang cepat akrab dengan siapa pun yang baru dikenalnya. (uji/rev)