Peduli UMKM, Unirow Tuban Dampingi UMKM Urus Perizinan Usaha | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Peduli UMKM, Unirow Tuban Dampingi UMKM Urus Perizinan Usaha

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Gunawan Wihandono
Rabu, 28 April 2021 21:27 WIB

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat Universitas PGRI Ronggolawe Tuban tahun 2021. (foto: ist)

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sebagai bentuk pengabdian masyarakat, Universitas PGRI Ronggolawe () Tuban memberikan pelatihan dan pendampingan kepada para pelaku UMKM, Rabu (28/4/2021).

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Dumiyati menjelaskan, tujuan pendampingan dan pelatihan kali ini untuk memberikan solusi atas permasalahan yang dialami UMKM karena belum memiliki izin usaha. Khususnya, bidang kerajinan tangan, pengolahan makanan, dan minuman anggota forum IKM. Potensi yang dimiliki UMKM belum maksimal karena tidak memiliki Nomor Izin Berusaha (NIB) dan Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK).

"Sebanyak 18 UMKM kuliner yang tergabung forum IKM dan Pasar Digital Community Tuban kita dampingi mengurus NIB dan IUKM," ujarnya.

Bu Dum, sapaan akrabnya menjelaskan hasil pemetaan, bahwa permasalahan yang dihadapi pelaku UMKM adalah lemah dalam pengembangan usaha dan peluang untuk kerja sama dengan pihak lain terkait pendanaan. Padahal, operasional dan produksi mereka memiliki potensi jangkauan pemasaran yang lebih luas.

"Solusi yang kami tawarkan melaksanakan pelatihan, melakukan demonstrasi, dan mendampingi pengurusan legalitas usaha meliputi NIB dan IUMK," jelasnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video