Gugatan Duo 'Bali Nine' Ditolak, 7 Menteri Rencanakan Penggulingan Tony Abbott | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Gugatan Duo 'Bali Nine' Ditolak, 7 Menteri Rencanakan Penggulingan Tony Abbott

Selasa, 24 Februari 2015 19:47 WIB

Tony Abbott. foto: bowalleyroad.blogspot.com

BangsaOnline - Pengadilan Tata Usaha Negara Jakarta menolak gugatan dua tersangka Bali Nine, Andrew Chan dan Myuran Sukumaran atas keputusan Presiden Joko Widodo yang menolak permohonan grasi keduanya.

Ketua PTUN yang bertindak sebagai hakim tunggal sidang ini, Hendro Puspito, mengatakan gugatan tak seharusnya dilayangkan kepada PTUN.

"Keppres ini bukan obyek hukum PTUN," kata Hendro usai sidang, Selasa (24/2).

Menurut Hendro, PTUN tak berwenang dalam kasus ini karena perkara tak pernah ada dalam daftar kasusnya. Hendro mengatakan putusan ini diambil secara konsisten karena dia pernah memutus hal serupa.

Hendro mengatakan, dua tahun lalu, majelis hakim PTUN pernah menolak gugatan terhadap Keppres yang menolak grasi terhadap terpidana narkotika asal , Schapelle Corby. Alasannya sama, Keppres adalah kewenangan kepala negara dengan hak prerogatifnya, dan bukan menjadi kewenangan PTUN.

Terkait dengan obyek kewenangan PTUN, Hendro menyampaikan keputusan ini sesuai dengan Undang-undang Nomor 51 Pasal 62 Tahun 2009 tentang Peradilan Tata Usaha Negara. Dalam pasal disebutkan bahwa gugatan tersebut tak masuk dalam wewenang pengadilan. Karena itu, jika penggugat ingin melawan, mereka akan diberi kesempatan 14 hari lamanya.

Sebelumnya, mediasi dilakukan antara pihak tergugat, dalam hal ini diwakilkan dari Kementerian Sekertaris Negara, dan pengacara pihak penggugat. Namun, akibat deadlock, sidang terbuka pemeriksaan gugatan pun dilanjutkan.

Andrew Chan dan Myuran Sukumaran, dua warga negara divonis mati akibat kasus narkoba. Keduanya masuk dalam gelombang kedua eksekusi di lapas Nusakambangan. Namun, hingga kini jadwal eksekusi belum ditentukan waktunya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

Sumber: merdeka.com/detik.com

 

sumber : merdeka.com/detik.com

Berita Terkait

Bangsaonline Video