May Day, Gubernur Khofifah Ajak Pekerja-Pengusaha Kolaborasi, Saling Mau Dengar Masukan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

May Day, Gubernur Khofifah Ajak Pekerja-Pengusaha Kolaborasi, Saling Mau Dengar Masukan

Editor: MMA
Sabtu, 01 Mei 2021 14:43 WIB

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur, Indar Parawansa mengajak pekerja atau buruh dan saling berkolaborasi dalam upaya mengatasi berbagai persoalan ketenagakerjaan.

Menurut dia, kolaborasi kemitraan di antara keduanya dapat semakin mempercepat pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19. Peringatan Hari Buruh 1 Mei 2021 tahun ini harus menjadi momentum mempererat kolaborasi keduanya.

"Di masa sekarang ini kolaborasi adalah strategi yang paling tepat dan bijak. Antara dan buruh harus saling mengerti dan saling sinergi," ujarnya di Surabaya, Sabtu (1/5).

mengatakan, pemulihan ekonomi nasional akan jauh lebih cepat jika hubungan industrial antara pemerintah, , dan pekerja atau buruh berjalan harmonis. Caranya, lanjut , dengan selalu membuka ruang-ruang dialog sosial.

"Semua pihak harus saling mau mendengar masukan. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, sebagian besar bisnis atau usaha ikut merasakan dampak yang luar biasa. Tidak sedikit pun yang harus bangkrut dan akhirnya mem-PHK karyawannya," ungkapnya.

menyebut, baik maupun karyawan atau buruh adalah dua elemen yang sama pentingnya. Karyawan patut mendapat kesejahteraan yang layak. Yakni dengan mendapatkan apresiasi yang layak.

Sedangkan di sisi lain, membutuhkan jaminan keberlangsungan usaha. Pandemi mengakibatkan banyak dunia usaha lesu. Omzet turun. Pengusaha harus memeras otak untuk memenuhi tuntutan kelompok pekerja. Yakni menaikkan upah minimum karyawan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video