Peringati Hardiknas 2021, Pemkot Madiun Gelar Upacara di Edupark Ngrowo Bening

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Hendro Suhartono
Senin, 03 Mei 2021 19:43 WIB

Wali Kota Madiun H. Maidi saat memimpin upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Edupark Ngrowo Bening, Kota Madiun pada Senin (3/5/2021).

KOTA MADIUN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun akan meluncurkan program Daring Outdoor Learning. Program tersebut adalah langkah Pemkot Madiun dalam menciptakan suasana pembelajaran yang nyaman dan aman jelang pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Madiun H. Maidi saat memimpin upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Edupark Ngrowo Bening, Kota Madiun pada Senin (3/5/2021). 

Ia menambahkan, manajerial jadi faktor utama pendidikan, dan hal tersebut harus dijalankan oleh stakeholder pendidikan, baik kepala sekolah maupun dinas pendidikan.

Ia menambahkan, sekolah maju atau tidak tergantung banyaknya inovasi dan riset yang dilakukan. Dinas Pendidikan harus pro aktif turun bawah sesuai bidang masing-masing baik SD, SMP, maupun secara sarana prasarana.

"Maka dalam inovasi tatap muka ini jangan dilupakan prokes sehingga tetap bisa memutus rantai penyebaran Covid-19. Bilamana ada kepala sekolah kena Covid berarti mereka tidak taat prokes," tandas Maidi.

Imbauan tersebut seiring dengan beberapa ASN yang terkena Covid-19. Maidi menekankan agar semua ASN terkhusus para pendidik untuk selalu taat prokes dan membantu pemerintah mencegah penyebaran Covid-19.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kota Madiun Lismawati menuturkan, dengan momentum hari pendidikan nasional (hardiknas) ini, pihaknya mengajak untuk menjadikan semangat baru bagi para pendidik dan peserta didik yang setahun lebih terakhir telah mengalami kebosanan belajar di rumah akibat pandemi Covid-19.

"Kita berharap bahwa pendidikan di Kota Madiun ke depannya mencoba terapkan outdoor learning sebagi pembuka pendidikan menyambut awal pembelajaran dengan tatap muka," jelas Lismawati

Perlu diketahui, sejarah Hari Pendidikan Nasional sendiri tak lepas dari sosok dan perjuangan Ki Hadjar Dewantara yang merupakan pelopor pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia di era kolonialisme. Untuk memperingati kelahiran dan menghormati jasa Ki Hadjar Dewantara. Pemerintah Indonesia menetapkan setiap tanggal 2 Mei sebagai Hardiknas.

Upacara Hardiknas 2021 dihadiri Wakil Wali Kota Madiun, ASN Dinas Pendidikan, serta beberapa perwakilan siswa di Kota Madiun. (dro/ian)