Menyesuaikan Nomenklatur Baru, Sejumlah OPD di Tuban Bakal Dirombak

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Gunawan Wihandono
Senin, 03 Mei 2021 20:26 WIB

Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban bakal dirombak. Hal ini menyesuaikan dengan nomenklatur baru yang tertuang dalam Permendagri Nomor 90 Tahun 2019 tentang klasifikasi, kodefikasi, dan nomenklatur perencanaan pembangunan dan keuangan daerah.

"Perubahannya disesuaikan dengan perumpunannya untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan publik yang lebih responsif," ujar Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com, Senin (3/5/2021).

Wabup kelahiran Kecamatan Rengel ini menjelaskan, saat ini baru masuk dalam pembahasan rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang Perubahan Raperda Nomor 16 Tahun 2018 tentang pembentukan dan penyusunan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Bidang yang serumpun digabung. Dengan begitu akan lebih efisiensi di bidang penggunaan keuangan dan efektif dalam pekerjaannya," imbuhnya.

Politisi senior PKB ini menambahkan, dalam penyusunan OPD ke depan disesuaikan dengan bidang-bidang yang serumpun. Misalnya, bidang peternakan yang saat ini di dalam Dinas Perikanan dan Peternakan, akan digabung ke dalam rumpun pertanian.

"Tidak ada penghapusan, namun disusun ulang. Terdapat fungsi-fungsi yang berkurang dan digabung di OPD lain," tegasnya.

Lebih lanjut, salah satu OPD yang dimungkinkan terkena dampak adanya nomenklatur baru di antaranya Dinas Perikanan dan Peternakan (DPP) dan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP). Terdapat pengurangan fungsi yang berkaitan dengan pengelolaan sampah. "Semua urusan sampah akan dipindah ke Dinas Lingkungan Hidup," tutupnya. (gun/ian)